Breaking News

Perhubungan

Arus Penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Menurun Setiap Tahunnya

Jumlah penumpang di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menurun 132.286 penumpang untuk kedatangan dan 125.777 untuk keberangkatan dilihat dari tahun 2011 sampai tahun 2019

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia. Pelabuhan ini menangani lebih dari 30% komoditi Non Migas Indonesia, disamping itu 50% dari seluruh arus barang yang keluar/masuk Indonesia melewati pelabuhan ini. Karenanya Tanjung Priok merupakan barometer perekonomian Indonesia. Pelabuhan Tanjung Priok juga melayani angkutan penumpang antar provinsi yaitu Terminal Penumpang Nusantara. Fasilitas intermoda yang lengkap di pelabuhan ini mampu menghubungkan Tanjung Priok dengan seluruh kota di Indonesia. Dengan Teknologi dan fasilitas modern, Tanjung Priok telah mampu melayani kapal-kapal generasi mutakhir.

Angkutan laut merupakan salah satu moda transportasi yang digunakan untuk mendukung mobilitas penduduk yang semakin tinggi, terutama untuk wilayah-wilayah yang tidak dapat dijangkau dengan moda darat ataupun udara. Tingginya pemakaian jasa angkutan laut tercermin dari banyaknya penumpang yang datang atau berangkat di suatu pelabuhan.

Grafik Keberangkatan dan Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Tj. Priok

 

Berdasarkan grafik di atas, terlihat bahwa jumlah penumpang yang berangkat dan datang di Pelabuhan Tanjung Priok mengalami penurunan. Penumpang yang  berangkat dan datang di Pelabuhan Tanjung Priok sempat mengalami kenaikan pada tahun 2018. Bulan Mei 2019, jumlah penumpang yang  datang dan berangkat di pelabuhan tersebut masing-masing sebanyak 91.973 orang dan 77.184 orang, lebih rendah dibandingkan tahun 2018. Penumpang yang datang di Pelabuhan Tanjung Priok lebih banyak dibandingkan dengan penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok.  Jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok hingga Mei 2019 sebanyak 1.225.301 orang sedangkan jumlah yang datang sebanyak 1.409.656 orang. Penurunan jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok disebabkan dari berbagai faktor diantaranya pertumbuhan infrastruktur di Indonesia yang semakin pesat, pilihan transportasi lain yang lebih cepat dan lain-lain.

Jumlah Penumpang per Bulan Pelabuhan Tanjung Priok

 

Berdasarkan data yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi lonjakan penumpang pada setiap periode arus mudik dan arus balik Idul Fitri di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok setiap tahunnya. Terjadi kenaikan yang sangat signifikan pada periode mudik Idul Fitri hampir dua kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada periode Libur Natal dan Tahun Baru serta pada saat periode libur sekolah meskipun kenaikannya tidak setinggi saat Idul Fitri.

Kenaikan tiket pesawat rute domestik pada tahun 2019 menyebabkan masyarakat beralih menggunakan moda transportasi laut. Terlihat bahwa jumlah penumpang pada tahun 2019 meningkat dibandingkan dengan tahun 2018 baik saat hari biasa maupun hari Libur Nasional (Natal dan Tahun Baru, Libur Sekolah dan Idul Fitri).

 

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS)
Penulis  : Iqsyan Iswara Putra
Editor    : Hepy Dinawati