Breaking News

Ekonomi

Capaian Kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Meningkat dalam Satu Tahun Terakhir

Pertumbuhan Ekonomi di DKI Jakarta Menekan Laju Inflasi, Angka Kemiskinan, dan Tingkat Pengangguran Terbuka

Dalam satu tahun terakhir, pemerintah DKI Jakarta terus meningkatkan kualitas kinerjanya. Hal ini terlihat dari beberapa indikator pembangunan daerah yang menunjukkan pertumbuhan positif. Beberapa indikator tersebut meliputi pertumbuhan ekonomi, inflasi, angka kemiskinan, dan tingkat pengangguran terbuka.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik hingga akhir tahun 2018, pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta tumbuh sebesar 6,17%. Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17%. Sementara itu, ekonomi DKI Jakarta di Triwulan IV 2018 tumbuh sebesar 6,41%, angka ini mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan capaian di periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebesar 5,84%. Pertumbuhan ini ditopang oleh kinerja positif beberapa sektor utama, yaitu perdagangan, industri pengolahan dan konstruksi, informasi dan komunikasi serta jasa keuangan dan asuransi.

Grafik 2. Inflasi Tahunan DKI Jakarta

Pada sisi stabilitas harga, inflasi DKI Jakarta sepanjang tahun 2018 sebesar 3,27% atau lebih rendah 0,45 poin dibanding tahun 2017. Inflasi DKI Jakarta tetap terkendali dan masih sejalan dengan sasaran inflasi nasional tahun 2018 yaitu sebesar 3,5% ± 1% atau berada pada rentang 2,5% sampai 4,5%. Faktor utama inflasi tahun 2018 adalah meningkatnya harga makanan jadi, rokok dan tembakau, bahan makanan, sandang, dan perumahan.

Grafik 3. Angka Kemiskinan DKI Jakarta (September)

Pertumbuhan ekonomi yang meningkat tersebut mampu menurunkan angka kemiskinan serta tingkat pengangguran di DKI Jakarta. Hal tersebut terlihat dari angka kemiskinan pada tahun 2018 sebesar 3,55% yang menurun 0,23 poin atau turun sebanyak 20.870 orang dari tahun sebelumnya.

Grafik 4. Tingkat Pengangguran Terbuka (Agustus)

Sejalan dengan angka kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di DKI Jakarta juga mengalami penurunan. Tercatat TPT DKI Jakarta tahun 2018 sebesar 6,24% atau turun sebesar 0,9 poin dari tahun 2017. Menurut jenjang pendidikan yang ditamatkan, tingkat pengangguran disemua jenjang pendidikan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, kecuali jenjang pendidikan SMA Umum dan Universitas. Penurunan TPT tertinggi terjadi pada tingkat pendidikan SMP. TPT tertinggi menurut jenjang pendidikan adalah SMA kejuruan, sementara TPT terendah adalah tingkat pendidikan SD ke bawah.

Kondisi perekonomian di DKI Jakarta secara berkesinambungan menuju ke keadaan yang lebih baik selama satu tahun belakangan ini. Hal ini terlihat dari menurunnya angka kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka, dan inflasi di DKI Jakarta. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta diharapkan agar selalu konsisten dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Penulis : Suryani Putri
Editor   : Hepy Dinawati