Breaking News

Pendidikan

Data Pemenang Lomba Sekolah Sehat di DKI Jakarta

Dari sekolah Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas di DKI Jakarta bersaing pada lomba sekolah sehat tingkat provinsi

Lomba Sekolah Sehat (LSS) yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada sekolah-sekolah dari tingkat Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas bertujuan untuk menilai prestasi sekolah dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Penilaian lomba ini meliputi pemahaman soal kesehatan, pendidikan kesehatan, kebersihaan sekolah, serta pola hidup sehat yang diterapkan pada siswa sekolah.

Pemenang Sekolah Sehat pada satuan tingkat pendidikan dikategorikan menjadi enam macam kategori yaitu kategori juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3. Kecuali pada tingkat sekolah Taman Kanak-kanak tidak ada peringkat harapan 3 . Sepanjang tahun 2016 sampai dengan tahun 2018, lima kota administratif di DKI Jakarta yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara memenangkan sebanyak empat kali pada setiap tahunnya. Sedangkan dalam kurun waktu yang sama, Kepulauan Seribu memenangkan sebanyak tiga peringkat setiap tahunnya.

Di tahun 2018, dua sekolah di Jakarta Utara memenangkan LSS yaitu SDN Kapuk Muara 03 dan TK Tzu Chi. Sedangkan, LSS tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama dimenangkan oleh SMKN 26 di Jakarta Timur dan SMPN 24 di Kepulauan Seribu.

Di tahun 2017, keempat tingkat pendidikan yang memenangkan LSS pada peringkat pertama berasal dari wilayah administrasi yang berbeda. Tingkat Kanak-kanak dimenangkan oleh TK Aisyiyah 4 di Jakarta Selatan, tingkat Sekolah Dasar dimenangkan oleh SDN Ujung Menteng 01 di Jakarta Timur, tingkat Sekolah Menengah Pertama dimenangkan oleh SMPN 82 di Jakarta Barat, dan tingkat Sekolah Menengah Atas dimenangkan oleh SMAN 110 di Jakarta Utara.

Di tahun 2018, dua sekolah yang menduduki peringkat pertama pada LSS berasal dari Jakarta Selatan yaitu SDN Pondok Labu 07 dan SMAN 90. Kedua sekolah lainnya yang memenangkan perlombaan ini adalah TK Bhakti YKKP dari Jakarta Barat dan SMPN 209 dari Jakarta Timur.

Selama rentang tiga tahun belakangan ini, tidak ada satupun sekolah di Jakarta Pusat yang memenangkan LSS peringkat pertama pada setiap tingkat satuan pendidikan. Peringkat tertinggi yang pernah diraih oleh tingkat satuan pendidikan di Jakarta Pusat adalah Juara 3 pada tingkat sekolah Kanak-kanak, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas yang dimenangkan oleh TK Santa Maria, SMPN 273 dan SMKN 16 di tahun 2016. Selebihnya sekolah-sekolah di Jakarta Pusat memenangkan juara harapan 1 sampai dengan juara harapan 3.

Dengan diadakannya perlombaan ini diharapkan semua sekolah di Provinsi DKI Jakarta ikut berpartisipasi berlomba-lomba dalam memperbaiki UKS yang dimiliki ataupun fasilitas kesehatan lainnya untuk mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang sehat sehingga dapat membuat murid-murid merasa nyaman di lingkungan sekolah.

Sumber : Biro Kesejahteraan Sosial
Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor    : Hepy Dinawati