Breaking News

Komunikasi & Informatika

Dataset Terpublikasi Melalui Portal Open Data Jakarta

Sebanyak 19.063 dataset telah dipublikasi pada Portal Open Data Jakarta di tahun 2019

Portal Open Data Jakarta (data.jakarta.go.id) merupakan Portal Data Terpadu yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menampilkan data-data dari Satuan Unit Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Portal ini lahir sebagai cita-cita Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sesuai amanat Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 181 Tahun 2014 tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Data dan Informasi Pembangunan untuk menyediakan satu basis data yang akurat, terbuka, terpusat dan terintegrasi.

Dalam pengoperasiannya, Portal Open Data Jakarta ini dikelolah oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di tahun 2019, sebanyak 19.063 dataset yang telah dipublikasi oleh portal ini. Data tersebut berasal dari 53 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Grafik diatas menunjukkan November adalah bulan dengan jumlah dataset paling banyak diterbitkan oleh Portal Data Jakarta di tahun 2019, namun sebaliknya bulan Januari adalah bulan dengan jumlah dataset paling sedikit diterbitkan oleh Portal ini yaitu sebanyak 1.450 dataset.

Tiga OPD dengan dataset yang diterbitkan oleh Open Data Jakarta terbanyak adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pusat Statistik Perwakilan DKI Jakarta, dan Dinas Perhubungan. Dataset yang bersumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah dipublikasi oleh Open Data Jakarta rerata sebanyak 175 sampai dengan 189 dataset per bulannya sepanjang tahun 2019.

 

Tiga OPD dengan dataset yang diterbitkan oleh Open Data Jakarta paling sedikit adalah Kabupaten Administrasi Kepualauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Timur, dan Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup. Sepanjang tahun 2019, tidak ada satupun dataset yang bersumber dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang diterbitkan oleh portal ini.

Kenaikan jumlah dataset yang telah dipublikasikan oleh portal Open Data Jakarta dari tahun 2018 ke tahun 2019 sebesar 8% menunjukkan OPD di lingkungan Provinsi DKI Jakarta semakin meningkatkan partisipasinya dalam memberikan data-data yang dimilikinya untuk dapat diakses oleh publik.

Sumber : Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik
Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor  : Hepy Dinawati