Breaking News

Pemerintahan

Demografi Pegawai Negeri Sipil yang Aktif Bekerja di Lingkungan Provinsi DKI Jakarta

Tercatat sebanyak 65.952 PNS yang aktif bekerja di lingkungan pemerintah provinsi DKI Jakarta pada akhir semester pertama tahun 2019

Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta sebagai salah satu profesi aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah provinsi DKI Jakarta mempunyai tugas pokok untuk bekerja pada pemerintah dengan perjanjian kerja dalam melayani masyarakat. Data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menunjukkan penurunan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tiga tahun terakhir.

Di semester pertama tahun 2017, tercatat sebanyak 70.676 pegawai yang bekerja di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Jumlah ini semakin menurun di semester pertama tahun 2018 dan 2019 yaitu sebanyak 67.394 pegawai dan 65.952 pegawai. Dalam kurun tiga tahun belakangan ini terjadi penurunan jumlah PNS yang bekerja di Pemprov DKI Jakarta sebesar 6,68% atau sebanyak 4.724 pegawai. Penurunan jumlah PNS ini dapat disebabkan beberapa faktor, seperti PNS yang memasuki masa pensiun, PNS yang tutup usia ataupun mengundurkan diri dari profesi PNS. Selain itu juga, ada banyak PNS yang terkena sanksi berat yaitu pemecatan. Pemecatan PNS inipun dilakukan untuk memberikan efek jera serta membantu peningkatan kedisiplinan PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Dari hasil data rekapitulasi jumlah PNS DKI Jakarta, tercatat sebanyak 65.952 pegawai yang aktif bekerja. Data yang berhasil dihimpun oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menunjukkan jumlah formasi PNS yang fluktuatif dari bulan Januari 2019 sampai dengan Juni 2019.

Jumlah PNS pada bulan April naik sangat signifikan dibandingkan bulan sebelumnya dikarenakan adanya PNS baru setelah hasil penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Dilansir dari portal resmi BKD, sebanyak 744 pegawai yang diangkat dari CPNS menjadi PNS pada akhir bulan Juni bertempat di halaman depan Gedung Balaikota yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta. Namun, jumlah PNS ini menurun sebesar 0,23% dari bulan Mei menuju bulan Juni. Selain disebabkan oleh PNS yang tutup usia besar kemungkinan dikarenakan adanya CPNS yang mengundurkan diri sebelum dilaksanakan pengambilan sumpah/janji PNS dan penyerahan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta tentang Pengangkatan CPNS menjadi PNS pada 26 Juni 2019.

Lebih dari separuh PNS di lingkungan pemerintah provinsi DKI Jakarta berjenis kelamin perempuan dan tersebar pada tujuh wilayah kerja yaitu Provinsi, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu.

Sebesar 54% atau 35.473 PNS berjenis kelamin perempuan dan 46% atau 30.479 PNS berjenis kelamin laki-laki. PNS dengan wilayah kerja pada tingkat provinsi menduduki peringkat tertinggi dibandingkan dengan wilayah kerja lainnya yaitu sebesar 18,68% atau sebanyak 16.398 pegawai, namun jumlah PNS dengan wilayah kerja bertempat di Kepulauan Seribu mempunyai persentase terendah sebesar 1,33% atau sebanyak 875 pegawai.

Semakin diperketatnya dan ditingkatkannya kedisiplinan PNS di lingkungan pemerintah provinsi DKI Jakarta merupakan suatu upaya pemerintah dalam mempertahankan kualitas pegawainya yang akan berdampak pada kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah
Penulis  : Dwi Puspita Sari
Editor    : Hepy Dinawati