Breaking News

Ekonomi

DKI Jakarta Salah Satu Kota Pengekspor Kopi

Tercatat sebanyak 21 perusahaan mengekspor kopi yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta sepanjang tahun 2018

 

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tidak hanya menghasilkan kopi, negara ini juga mengekspor kopi ke negara-negara di dunia. DKI Jakarta yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia juga tercatat sebagai kota yang aktif mengekspor kopi.

Data yang bersumber dari Dinas Koperasi, UKM serta Perdagangan mencatat banyak jenis kopi yang diekspor oleh perusahaan-perusahaan di DKI Jakarta. Adapun jenis kopi tersebut meliputi kopi arabica, robusta, luwak, aceh, sumatera, bali, jawa, toraja, dan papua. Jika dilihat dari jenis produk pengolahan kopinya, kopi-kopi yang diekspor melalui perusahaan di Jakarta terbagi menjadi lima jenis produk yaitu kopi bubuk, kopi instant, kopi campur 3 in 1, kopi biji, dan kopi sangrai.

Jumlah perusahaan pengekspor kopi di DKI Jakarta mengalami fluktuasi dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018. Selama kurun empat tahun ini, jumlah perusahaan terbanyak terdapat pada tahun 2015 dan terendah pada tahun 2016 sebanyak 23 dan 10 perusahaan. Namun, dari tahun 2017 menuju tahun 2018 terjadi kenaikan jumlah perusahaan ekspor kopi sebesar 42,86%.

Sepanjang tahun 2018, terdapat 21 perusahaan di DKI Jakarta yang mengekspor kopi. Jakarta Selatan mempunyai jumlah perusahaan terbanyak dibandingkan dengan keempat kota lainnya dengan jumlah perusahaan sebanyak 10 perusahaan, sedangkan di Jakarta Timur tidak ada perusahaan yang mengekspor kopi .

 

Sumber data : Dinas Koperasi, UKM serta Perdagangan
Penulis : Dwi Permata Sari
Editor   : Hepy Dinawati