Breaking News

Lingkungan Hidup

ENERGI DAN AIR BERSIH DKI JAKARTA

Jumlah pelanggan dan volume air bersih DKI Jakarta semakin meningkat

Pelanggan air bersih terbesar yakni 84 persen adalah rumah tempat tinggal dan 14 persen  adalah perusahaan toko dan industri

Menurut BPS, DKI Jakarta merupakan kota yang jumlah penduduknya mencapai 10,3 juta orang pada tahun 2017. Disamping itu, jumlah industri dan perusahaan terus berkembang di Jakarta sehingga membutuhkan listrik baik untuk penerangan maupun sumber energi berbagai peralatan elektronik. Setiap tahunnya terjadi peningkatan listrik yang terjual melalui PT PLN untuk area DKI Jakarta. Dimana total jumlah daya yang terjual mencapai 264 milyar KwH. Adapun jumlah pengguna daya terbanyak berasal dari rumah tangga dan pelaku usaha masing-masing 40,31 persen dan 36,5 persen. Sementara sisanya untuk perkantoran, industri dan sosial.

Diagram 1. Jumlah Daya Terjual (KWH), 2017

Jumlah pelanggan listrik di DKI Jakarta pada tahun 2017 mencapai 4,2 juta pelanggan. Dari total tersebut, sebanyak 92 persennya adalah pelanggan rumah tangga, 7 persennya usaha, sisanya adalah pelanggan untuk sosial, industri dan perkantoran. Diantara pelanggan rumah tangga yang paling banyak adalah pelanggan yang menggunakan daya dibawah 450-2200 VA.

Diagram 2. Jumlah Pelanggan Listrik, 2017

 

Kebutuhan air bersih yang semakin meningkat, dimana di tahun 2017 terjadi peningkatan sebesar 1 persen dari tahun sebelumnya. Semakin meningkatnya kebutuhan tersebut tidak sebanding dengan sumber air yang tersedia, yakni berasal dari Waduk Jatiluhur dan PDAM Tangerang, sementara Kali Krukut menyumbang sangat kecil kebutuhan air bersih Jakarta.

 

Diagram 3. Jumlah Pelanggan Air Bersih

Jumlah pelanggan air bersih di Jakarta pada tahun 2017 mencapai 849.598. Adapun pelanggan air bersih terbesar yakni rumah tempat tinggal sebesar 84 persen, angka ini naik sebesar  1,2 persen atau ada tambahan sebanyak 8 ribu pelanggan baru sepanjang tahun 2017. Selanjutnya ada perusahaan toko dan industri sebesar 14 persen, sementara sisanya adalah hotel, badan sosial dan rumah sakit, tempat peribadatan, sarana umum, dan instansi pemerintahan. Peningkatan jumlah pelanggan air bersih sejalan dengan peningkatan volume air yang tersalurkan yakni naik sebesar 2% dari tahun sebelumnya.

Sumber data : – PT PLN (Persero) Distribusi DKI Jakarta dan Tangerang/State Electricity Company of DKI 

                           – PAM Jaya