Breaking News

Sosial Budaya

FASILITAS PANTI SOSIAL di DKI JAKARTA

Panti sosial di DKI Jakarta berjumlah 43 panti dengan kapasitas 7.396 orang bagi anak terlantar, lansia, disabilitas, balita dan lain-lain sesuai dengan jenis pantinya.

Fasilitas panti sosial yang disediakan oleh Dinas Sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terdiri dari beberapa jenis panti. Terdapat 9 panti untuk Disabilitas Mental dengan kapasitas total 2.480 orang yang tersebar di hampir seluruh wilayah kota administrasi DKI Jakarta, yakni 4 di Jakarta Timur, 3 di Jakarta Barat, sedangkan di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara masing-masing 1 panti.

Panti untuk kategori anak juga berjumlah 9 buah dengan kapasitas total 1.185 anak. Panti untuk anak diperuntukkan bagi anak-anak terlantar (terdapat 3 di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Utara, dan Selatan masing-masing 1), disabilitas anak (di Jakarta Barat), hingga penitipan bagi anak yang kedua orang tuanya bekerja (terdapat di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur). Panti untuk Lansia juga sebanyak 9 buah dengan daya tampung total 1.515 orang, sebanyak 4 panti di Jakarta Timur, 3 di Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Selatan masing-masing 1 panti Lansia.

Sumber : Dinas Sosial

 

Panti-panti tersebut juga disediakan untuk masyarakat yang membutuhkan lainnya seperti disabilitas fisik, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti tuna karya dan tuna wisma, remaja putus sekolah, korban tindak kekerasan, orang terlantar dan musibah lainnya, balita terlantar, tuna netra, hingga Wanita Tuna Susila (WTS) hasil penertiban semua dibina demi kemandirian dan kehidupan yang layak.

Penulis : Adhitya Akbar
Editor   : Hepy Dinawati