Breaking News

Ekonomi

Harga Bahan Pokok Daging Sapi di DKI Jakarta

Daging sapi impor beku dan daging sapi lokal has dalam mengalami penurunan harga sebanyak 4,36% dan 2,43% dari semester pertama tahun 2018 menuju 2019

 

Daging sapi merupakan salah satu bahan pokok di DKI Jakarta, yang diidentikkan sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan protein. Daging sapi dikategorikan menjadi dua kategori menurut sumber didapatkan sapinya, yaitu sapi lokal dan sapi impor. Menurut jenis dagingnya sendiri, sapi lokal dibagi menjadi lima jenis yang berbeda yaitu daging sapi lokal paha belakang, daging sapi lokal has luar (sirloin), daging sapi lokal sandung lamur (brisket), daging sapi lokal tetelan, dan daging sapi lokal has dalam.

Dari semester pertama di tahun 2018, daging sapi lokal has dalam memiliki harga tertinggi dibandingkan dengan kategori lainnya. Pada bulan terakhir di semester pertama ini, daging dengan jenis ini seharga Rp.149.545 per kilogramnya. Sebaliknya, harga daging sapi lokal dalam bentuk tetelan mempunyai harga yang sangat murah dibandingkan dengan kategori lainnya. Selama semester pertama tahun 2018, rata-rata harga daging dengan kategori ini yaitu Rp.70.385 per kilogramnya.

Di semester pertama tahun 2019, daging sapi kategori lokal has dalam tetap menduduki posisi pertama sebagai jenis daging termahal. Rata-rata harga daging jenis ini pada semester pertama yaitu Rp.143.105 per kilogramnya. Secara rata-rata, terjadi penurunan harga dari semester pertama tahun 2018 menuju semester pertama tahun 2019 yaitu sebesar 2% atau Rp.3.474 per kilogramnya. Tidak hanya pada semester pertama tahun 2018 saja, daging sapi tetelan mempunyai harga paling murah, pada semester pertama tahun 2019 kategori daging sapi jenis ini pun mempunyai harga termurah yaitu Rp. 72.431 per kilogramnya. Harga ini naik sebesar 2,82% atau sebanyak Rp.2.045 per kilogramnya dari semester satu tahun sebelumnya.

Dari keenam kategori jenis daging sapi di atas, dua diantaranya mengalami penurunan harga. Daging sapi lokal has dalam dan daging sapi impor beku mengalami penurunan harga rata-rata dalam satu semester sebesar Rp.3.474 per kilogramnya dan Rp.3.747 per kilogramnya. Penurunan harga ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokoknya dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

 

Penulis : Dwi Permata Sari
Editor   : Hepy Dinawati