Breaking News

Lingkungan Hidup

HASIL UJI EMISI KENDARAAN DI PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2020

Sebanyak 3.869 kendaraan melakukan uji emisi di bengkel yang sudah disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan hasil sebanyak 97% kendaraan lulus uji emisi

Uji emisi adalah pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Namun tidak sedikit pemilik kendaraan yang malas mengecek emisi secara berkala, padahal uji emisi ini sangat bermanfaat, diantaranya :

  • Pemilik kendaraan dapat mengetahu tingkat efektifikas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil setelah dilakukan analisa kandungan CO2 dan HC dalam gas buang
  • Membantu pemilik mobil menyetel campuran udara dan bahan bakar secara tepat
  • Mengetahui kinerja mesin mobil dalam kondisi baik atau tidak
  • Mengirit bahan bakar serta mengoptimalkan tenaga mesin mobil
  • Lingkungan akan sehat karena udara bersih
  • Kerusakan pada bagian-bagian mesin mobil dapat diketahui

Untuk persyaratan sebuah kendaraan bisa dikatakan lulus uji emisi penjelasannya terdapat pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : SK. 4963/Aj.402/DRJD/2018, didalamnya juga terdapat kriteria dan penjelasan terkait kendaraan wajib uji emisi. Provinsi DKI Jakarta menyediakan pengujian emisi kendaraan ini secara gratis pada beberapa bengkel yang sudah disediakan, jika kendaraan belum ada stiker atau surat keterangan yang menyatakan bahwa kendaraan tersebut sudah lulus uji emisi maka akan diarahkan untuk melakukan pengujian emisi bahkan akan dikenakan sanksi yang sudah ditentukan.  Selama tahun 2020 periode Januari-Juni sebanyak 3.869 kendaraan sudah melakukan uji emisi. Sebanyak 3.771 kendaraan dinyatakan lulus uji emisi dan 98 tidak lulus. Rinciannya sebagai berikut :

Sumber : Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Kendaraan yang paling banyak lulus uji emisi yaitu merk Toyota sebanyak 1.602 kendaraan, kemudian Mitsubishi 562 kendaraan dan Daihatsu 488 kendaraan. Meskipun jumlah merk kendaraan Sumitomo dan Mercedez Benz jumlah yang lulus sedikit jika dibandingkan yang lain hal ini disebabkan sampel pengujian merk kendaraan ini juga sedikit dibandingkan dengan merk kendaraan lainnya.

Sumber : Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Pada gambar di atas kendaraan yang tidak lulus uji emisi jumlahnya sangat sedikit dibandingkan sampel berdasarkan merknya. Jumlah paling banyak bermerk Mitsubishi dengan sampel 595 kendaraan, Isuzu 21 kendaraan dari 261 kendaraan, dan yang paling sedkit merk Honda dan Chevrolet.

Kendaraan berbahan bakar bensin lebih banyak yang lulus uji emisi yaitu berjumlah 2.126 kendaraan, sedangkan yang tidak lulus sebanyak 1.645 kendaraan. Berdasarkan tahun pembuatan kendaraan, jumlah kendaraan tahun 2010 sampai 2018 lebih banyak yang lulus uji emisi karena sampel pengujian untuk tahun tersebut juga banyak dibandingkan dengan tahun 2009 ke bawah.

 

Sumber : Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta
Penulis : Azira Irawan
Editor : Hepy Dinawati