Breaking News

Ekonomi

Indeks Harga Konsumen DKI Jakarta Bulan Oktober 2018

Indeks Harga Konsumen DKI Jakarta Bulan Oktober 2018

Indeks Harga Konsumen merupakan suatu indeks yang menghitung rata-rata harga dalam suatu periode. DKI Jakarta memiliki Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan Oktober sebesar 134,05. Angka ini naik sebesar 0,37 poin dari bulan sebelumnya. Sedangkan sumbangan inflasi pada bulan Oktober yakni sebesar 0,28. Dari 82 kota di Indonesia, DKI Jakarta menduduki peringkat ke-31. Hal ini menunjukkan bahwa Indeks Harga Konsumen di DKI Jakarta tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Tabel.1 Perbandingan Indeks Harga Konsumen dan Inflasi, Oktober 2018

Kenaikan IHK dari bulan sebelumnya juga terjadi terhadap 7 kelompok pengamatan, yakni kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau yang naik sebesar 0,46 poin dari bulan sebelumnya, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik sebesar 1,07 poin. Kelompok sandang naik sebesar 0.49 poin, kelompok kesehatan naik sebesar 0,19 poin, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga naik sebesar 0,02 poin, kelompok transport, komunikasi, dan jasa keuangan naik sebesar 0,11 poin. Sedangkan untuk kelompok bahan makanan mengalami penurunan sebesar 0,21 poin.

Grafik 1. Indeks Harga Konsumen Per Kelompok Pengamatan

IHK sebagai persentase yang digunakan untuk menganalisis tingkat/laju inflasi. Bulan Oktober pengaruh IHK terhadap inflasi sebesar 0,28 poin.  Dan dari 7 kelompok yang diamati, sumbangan inflasi tertinggi terjadi pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau. Sedangkan untuk kelompok bahan makanan sebesar -0,02 poin. untuk kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat inflasi.

Tabel 2. Faktor-faktor penyumbang IHK

Sumber : BRS No.  46/11/31/Th.XX, 1 November 2018