Breaking News

Pemerintahan

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT JAKARTA BARAT

Indeks Kepuasan Masyarakat Jakarta Barat sudah baik yakni 85,95

 

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Sebanyak 50 kelurahan yang ada di Jakarta Barat telah melakukan survey IKM. Nilai IKM ini diperoleh dari rata-rata penilaian terhadap PPSU, Jumantik, Posyandu, PKK, RPTRA, serta ketentraman dan ketertiban. Secara keseluruhan, nilai rata-rata IKM di Jakarta Barat adalah 85,95 di tingkat kelurahan dan 85,35 di tingkat kecamatan (dari indeks 100).

Sumber: Kota Administrasi Jakarta Barat

 

Kelurahan Tangki (di kecamatan Taman Sari) merupakan kelurahan dengan nilai IKM tertinggi di Jakarta Barat yakni 96,09 sedangkan nilai IKM terendah berada di kelurahan Jatipulo (di kecamatan Palmerah) dengan nilai 78,19. Lima kelurahan dengan IKM tertinggi yakni Tangki, Kebon Jeruk, Tanjung Duren Utara, Meruya Selatan dan Tambora. Lima kelurahan tersebut memiliki nilai IKM yang lebih tinggi dari rata-rata IKM Jakarta Barat. Sementara itu, lima kelurahan dengan IKM terendah adalah Jatipulo, Glodok, Jelambar, Kelapa Dua dan Kedoya Utara.

Sumber: Kota Administrasi Jakarta Barat

 

Dari nilai IKM per kelurahan tersebut, dikelompokkan berdasarkan kecamatan yang ada di Jakarta Barat. Kecamatan dengan nilai tertinggi yakni kecamatan Cengkareng sebesar 89,62 sedangkan kecamatan dengan IKM terendah adalah Kalideres yakni sebesar 81,98. Sementara itu berdasarkan bidang pelayanan, Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) menempati urutan tertinggi dengan nilai 86,92 sedangkan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) menempati urutan terendah dengan nilai 81,05.

Penulis : Adhitya Akbar
Editor   : Hepy Dinawati