Breaking News

Jakarta Pusat

Jakarta Pusat

Kota Administrasi Jakarta Pusat

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat merupakan salah satu wilayah administrasi di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis letak Kota Administrasi Jakarta Pusat pada posisi 106o 58’18” Bujur Timur dan 5o 19’12” Lintang Selatan sampai dengan 6o23’54” Lintang Selatan. Luas wilayah  Kota Administrasi Jakarta Pusat mencapai 48,13 Km2 atau mencapai 7,27 % dari luas total wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Jakarta Pusat merupakan jantung dari pemerintahan Republik Indonesia karena disini terletak Istana Negara Republik Indonesia (Istana Merdeka) dan kantor-kantor Pemerintahan Negara Republik Indonesia. Kantor Gubernur Provinsi DKI Jakarta juga terletak di wilayah ini hingga tak salah jika Jakarta Pusat dijuluki sebagai Pusat Pemerintahan Ibukota Negara dan Ibukota Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, kegiatan bisnis di DKI Jakarta juga mendominasi di wilayah ini misalnya di daerah Jl. MH Thamrin. Jakarta Pusat memiliki beberapa destinasi wisata sejarah seperti Monumen Nasional, Lapangan Banteng, dan Museum Gajah.

Wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat memiliki perbatasan sebelah utara dengan Jl. Ahmad Yani (By Pass). Di sebelah timur berbatasan dengan Jakarta Utara, Timur dan Jakarta Selatan. Di sebelah selatan berbatasan dengan Jl. Pramuka, Jl. Matraman, Jl. Jendral Sudirman, Kali Ciliwung/Banjir Kanal, dan Jl. Hang Lekir. Di sebelah Barat dengan Kali Grogol, Jl. Palmerah Utara, Jl. Aipda. KS. Tubun, Jl. Jembatan Tinggi, dan Banjir Kanal.

Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Pusat dibagi ke dalam 8 Kecamatan, yaitu Gambir (18,57 Km²), Tanah Abang (9,31 Km²), Menteng ( 6,53 Km²), Senen (4,23  Km²), Cempaka Putih (4,69 Km²), Johar Baru (2,38 Km²), Kemayoran (1,53 Km²), Sawah Besar (6,22 Km²) serta 44 kelurahan.

Jumlah penduduk Kota Administrasi Jakarta Pusat adalah sebanyak 924.686 jiwa dengan perbandingan 460.885 berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 463.801 perempuan. Kepadatan penduduk di wilayah ini adalah sebanyak 19,21 jiwa/km².

 

Sumber data: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov DKI Jakarta
http://pusat.jakarta.go.id