Breaking News

Komunikasi & Informatika

Judul Berita dan Video yang Dipublikasikan Pada Portal Berita Resmi Pemprov. DKI Jakarta

Sepanjang semester pertama tahun 2019 terdapat 3.525 judul berita yang telah dipublikasikan pada portal resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

 

Jakarta.go.id adalah portal resmi yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Portal ini mempunyai banyak kegunaan salah satunya sebagai media informasi dan interaksi antara Pemerintah DKI Jakarta dan masyarakat. Ada 15 menu utama yang dapat diakses oleh pengunjung portal ini saat mengunjunginnya. Menu tersebut meliputi Mengenal Jakarta, Datang dan Kunjungi, Bisnis Jakarta, Hidup di Jakarta, Kanal Pengaduan, Balai Warga, Website Terkait, Layanan Publik, Informasi Keuangan, Infografis, Ensiklopedi, Perangkat Daerah, Bank Data, Permohonan Informasi, dan Selengkapnya.

Selain mempunyai portal pemerintahan resmi, Pemprov. DKI Jakarta juga mempunyai portal berita resmi yaitu beritajakarta.id yang dikelolah oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta. Di semester pertama tahun 2018, sebanyak 4.503 judul berita yang berhasil dipublikasi pada portal berita resmi ini. Terjadi penurunan jumlah judul berita yang dipublikasi dari semester pertama tahun 2018 ke tahun 2019 yaitu sebesar 21,72%.

Sepanjang semester pertama pada tahun 2018, bulan Januari mempunyai jumlah berita yang terpublikasi terbanyak dibandingkan dengan lima bulan lainnya sebanyak 899 berita, sedangkan bulan Juni mempublikasi berita resmi dengan jumlah paling sedikit yaitu 424 berita. Sama halnya di semester pertama tahun 2019, bulan Juni juga mempublikasi judul berita dengan jumlah paling sedikit yaitu sebanyak 508 berita, sedangkan bulan Februari 2019 mempublikasi berita resmi terbanyak yaitu sejumlah 899 judul berita.

Di tahun 2018, ada 19 kategori judul berita yang telah dipublikasi yaitu Jakarta hari ini, Lintas Kota, Kesra, Pemerintahan, Legislatif, BUMD, Ekonomi, Pembangunan, Transportasi, Olahraga, Kesehatan, Fokus, Wisata dan Kuliner, Banjir Pendidikan, Seni dan Budaya, Pemberdayaan Perempuan, Warga Bicara, dan Tokoh Masyarakat. Namun, kategori judul berita Tokoh Masyarakat di tahun 2018 tidak dipublikasi lagi namun terdapat kategori judul lainnya di tahun 2019 yaitu Lenggang Jakarta.

Di semester pertama tahun 2018 dan 2019, tiga kategori dengan jumlah publikasi terbanyak adalah Jakarta Hari Ini, Lintas Kota, dan Kesra.

Lain halnya dengan tiga kategori judul data yang dipublikasi terbanyak di semester pertama tahun 2018 dan 2019, tiga kategori dengan jumlah publikasi paling sedikit di semester pertama tahun 2018 dan semester pertama tahun 2019 berbeda. Di semester pertama tahun 2018, kategori judul data dengan persentase publikasi terendah adalah Pemberdayaan Perempuan, Warga Bicara, dan Tokoh Masyarakat, namun di semester pertama tahun 2019 kategori judul dengan persentase publikasi terendah  meliputi Lenggang Jakarta, Banjir, dan Warga Bicara.

Selain berita yang berbentuk tulisan yang dipublikasi pada portal berita resmi Pemprov. DKI Jakarta, video juga digunakan sebagai cara lain untuk menyampaikan berita terkini kepada masyarakat.  Tercatat sebanyak 130 video yang dapat diakses oleh pengguna di portal berita resmi ini pada semester pertama tahun 2018, namun jumlah video tersebut menurun cukup signifikan yaitu sebesar 37,69%.

Jumlah judul berita dan video yang dipublikasi dari semester pertama tahun 2018 dan 2019 sebanyak 978 judul data dan 49 video diharapkan dapat menjadikan pemacu bagi pihak terkait untuk lebih aktif lagi dalam mempublikasikan judul data serta video pada portal beritajakarta.id. Karena dengan semakin banyaknya berita yang dipublikasi pada portal berita resmi pada setiap tahunnya, masyarakat dapat lebih mengetahui perkembangan dan berita-berita terkini mengenai keadaan DKI Jakarta.

 

Sumber data : Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik
Penulis : Dwi Permata Sari
Editor   : Hepy Dinawati