Breaking News

Perhubungan

Jumlah dan Lokasi Lampu Lalu Lintas Terintegrasi ITS ATCS Di DKI Jakarta

Pada tahun 2019 Jakarta sudah memiliki sebanyak 96 lampu lalu lintas terintegrasi ITS ATCS yang dipasang di titik-titik persimpangan

DKI Jakarta sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat masih menjadi daya tarik masyarakat untuk menggantungkan hidup maupun mendapatkan pekerjaan. Hal ini membuat jumlah warga Jakarta yang menetap maupun yang nomaden (sementara) selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan ini tentu diikuti oleh pertumbuhan moda transportasi di Jakarta. Padatnya jumlah kendaraan yang ada di jalan terutama pada jam-jam sibuk membuat beberapa titik jalan di Jakarta selalu terjadi kemacetan.

Masalah kemacetan di kota-kota besar terutama sekitar Jadetabek disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang paling utama yaitu pertumbuhan jumlah kendaraan dengan pembangunan infrastruktur transportasi yang tidak seimbang. Menurut Pemerhati Masalah Transportasi, pertumbuhan pembangunan infrastruktur transportasi (pertambahan jalan, tol, dan angkutan umum) di Jadetabek hanya sekitar 0,1 persen setiap tahunnya. Ini tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang mencapai 9,3 persen.

Moda transportasi di Jakarta seperti kendaraan bermotor (mobil, sepeda motor, bus dan lainnya) dalam tiga tahun terakhir mengalami rata-rata pertumbuhan sebesar 2,5 persen. Pertumbuhan terbesar yaitu pada tahun 2018 dengan jumlah 4,3 persen dari tahun sebelumnya. Sementara jumlah kendaraan pada tahun 2019 mencapai 11,8 juta unit.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri sudah melakukan berbagai upaya guna menanggulangi masalah kemacetan lalu lintas. Beberapa upaya diantaranya pengembangan sistem angkutan umum massal (Jak Lingko), pembatasan lalu lintas (seperti: 3-in-1 dan lainnya), serta peningkatan jaringan jalan melalui transformasi digital. Salah satu inovasi pada peningkatan jaringan jalan yang telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui transformasi digital yaitu dengan menerapkan lampu lalu lintas yang terintegrasi ITS ATCS (Intelligent Transport System Area Traffic Control System) di persimpangan lalu lintas.

ITS ATCS adalah pengendalian lalu lintas di persimpangan dengan menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya. Cara kerja ATCS yaitu memanajemen rekayasa lalu lintas yang mengkoordinasikan semua titik-titik persimpangan bersinyal melalui pusat kontrol ATCS, sehingga diperoleh suatu kondisi pergerakan lalu lintas secara efisien. Penataan siklus lampu lalu lintas dilakukan berdasar input data lalu lintas yang diperoleh secara real time melalui kamera cctv pemantau lalu lintas yang dipasang di titik-titik persimpangan.

Berdasarkan data Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas (UP SPLL) Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kini Jakarta sudah memiliki sebanyak 96 lampu lalu lintas terintegrasi ITS ATCS yang dipasang di titik-titik persimpangan. Pada tahun 2017 Jakarta sudah memiliki lampu lalu lintas terintegrasi ITS ATCS sebanyak 39 lampu, lalu pada tahun 2018 bertambah 13 lampu dan penambahan terbanyak pada tahun 2019 yaitu sebanyak 44 lampu. Wilayah yang memiliki lampu lalu lintas terintegrasi ITS ATCS terbanyak yaitu di wilayah Jakarta Selatan dengan jumlah 45 lampu. Sedangkan yang paling sedikit ada di wilayah Jakarta Utara dengan jumlah 7 lampu.

Berikut merupakan daftar lokasi persimpangan di wilayah kota DKI Jakarta yang dipasang lampu lalu lintas terintegrasi ITS ATCS.

Sumber : Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Penulis  : Khoirun Nisa
Editor    : Hepy Dinawati