Breaking News

Penanggulangan Bencana

Jumlah Kejadian Kebakaran dan Bangunan yang Terdampak di DKI Jakarta

Dari 34 kejadian kebakaran terdapat jumlah pengungsi 12.666 jiwa dari 2.946 KK yang diberikan 100% pemenuhan kebutuhan dasar

Berdasarkan amanat yang tertuang pada Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, khususnya pada Pasal 16 dan Pasal 17, bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) merupakan lembaga yang berwenang dalam melaksanakan kegiatan kesiapsiagaan bencana salah satunya dalam bentuk penyediaan dan penyiapan barang pasokan pemenuhan kebutuhan dasar.

Standar kebutuhan dasar pengungsi dalam 1×24 jam yang BPBD harus penuhi diantaranya yaitu kebutuhan air bersih dan sanitasi, kebutuhan pangan, kebutuhan sandang, pelayanan kesehatan, penampungan dan tempat hunian sementara. Dari data yang dipublikasikan dalam portal open data Jakarta bahwa terdapat 34 kejadian kebakaran di DKI Jakarta selama bulan Januari sampai Oktober tahun 2019 yang persentase pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi sudah 100% terpenuhi.

Dari 34 kejadian kebakaran di DKI Jakarta, wilayah Jakarta Barat memiliki kejadian kebakaran terbanyak yaitu 11 kejadian dengan bangunan yang terdampak diantaranya 813 rumah tinggal, 49 kontrakan, 1 toko dan 1 gudang. Meskipun wilayah Jakarta Utara hanya memiliki 5 kejadian kebakaran namun bangunan yang terdampak merupakan terbanyak yang kedua yaitu 478 rumah tinggal, 57 kontrakan, 2 toko dan 1 kantor RW. Sementara pada wilayah Jakarta Timur terdapat 7 kejadian kebakaran dengan 251 rumah tinggal yang terdampak.

Perlu diketahui bahwa jumlah kejadian kebakaran dan bangunan yang terdampak pada grafik diatas berdasarkan pengungsi/korban yang diberikan 100% pemenuhan kebutuhan dasar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta.

Selain terdapat bangunan yang terdampak dari kejadian kebakaran, tentu ada jumlah KK dan jiwa yang terdampak juga dari kejadian tersebut. Sebagian besar untuk setiap wilayah DKI Jakarta, mereka atau korban yang telah kehilangan tempat tinggal (rumah atau kontrakannya) mengungsi ke tempat yang telah disediakan oleh BPBD.

Dari 34 kejadian kebakaran terdapat jumlah pengungsi 12.666 jiwa dari 2.946 KK yang diberikan 100% pemenuhan kebutuhan dasar. Jakarta Barat yang memiliki kejadian kebakaran terbanyak juga memiliki jumlah jiwa yang mengungsi akibat kejadian tersebut yaitu sebanyak 5.466 pengungsi dari 1.565 KK. Sementara jumlah pengungsi terbanyak kedua yaitu di wilayah Jakarta Utara dengan jumlah pengungsi 3.922 jiwa dari 529 KK. Sedangkan yang paling sedikit yaitu di wilayah Jakarta Pusat dengan pengungsi 597 jiwa dari 85 KK.

 

Sumber : Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta
Penulis : Khoirun Nisa
Editor : Hepy Dinawati