Breaking News

Kepemudaan & Olahraga

Jumlah Masyarakat yang Aktif Berolahraga di DKI Jakarta Tahun 2018

Jumlah Masyarakat yang Aktif Berolahraga di DKI Jakarta sebanyak 1,9 juta jiwa pada Desember 2018

 

Olahraga adalah aktivitas yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Olahraga terdiri dari berbagai jenis dan ragam, mulai dari ringan hingga berat. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menghindari tubuh dari beragam penyakit, membuat tubuh tegap, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, serta masih banyak lagi.

Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, jumlah masyarakat yang aktif berolahraga di DKI Jakarta cenderung berubah-ubah selama tahun 2018. Jumlah masyarakat yang aktif berolahraga terendah berada pada bulan Mei – Juni karena pada saat itu bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan dan Libur Lebaran Idul Fitri 2018. Sementara itu Desember menjadi bulan dengan jumlah masyarakat yang berolahraga tertinggi selama tahun 2018

Wilayah Jakarta Utara dan Suku Dinas Jakarta Utara memiliki masyarakat yang aktif berolahraga tertinggi di DKI Jakarta sebanyak 5.323.459 orang dan 1.360.688 orang pada tahun 2018. Sementara itu, masyarakat yang aktif berolahraga terendah berada di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) sebanyak 11.900 sepanjang tahun 2018 dikarenakan Car Free Day hanya dilaksanakan pada hari Minggu saja.

Tempat yang menjadi kegemaran masyarakat dalam berolahraga dari 179 fasilitas olahraga yang ada di DKI Jakarta adalah Gedung-Gedung Olahraga yang berada di Jakarta Utara. Masyarakat yang memanfaatkan fasilitas tersebut sebanyak 2.136.999 orang selama tahun 2018. Hal ini mengingat bahwa jumlah masyarakat aktif berolahraga tertinggi berada di Jakarta Utara.

Sumber : Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta
Penulis  : Iqsyan Iswara Putra
Editor    : Hepy Dinawati