Breaking News

Pendidikan

Jumlah Pengunjung Perpustakaan DKI Jakarta Tahun 2019

Jumlah pengunjung Perpustakaan DKI Jakarta berfluktuasi setiap bulannya, jumlah paling banyak pada bulan Maret, Juli dan Oktober dan wilayah yang paling banyak pengunjungnya di Jakarta Barat sebesar 671.490 orang

Pada era sekarang segala sesuatu yang dibutuhkan sudah tersedia dan bisa diakses dengan mudah menggunakan gadget/komputer/laptop/ benda elektronik lainnya. Kemudahan akses tersebut karena adanya jaringan internet, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2018 didapatkan data bahwa pengguna internet terbesar yaitu di Pulau Jawa 55,7%, yang paling ikut andil yaitu Jawa Barat sebesar 16,71% sedangkan DKI Jakarta hanya 4,8%, mungkin hal ini dikarenakan DKI Jakarta banyak masyarakat pendatang. Kemudahan internet ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai hal seperti berita online, perpustakaan online milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti iJakarta dan berbagai media sosial lainnya. Namun meskipun begitu perpustakaan yang berupa arsip masih bisa dan banyak ditemukan di DKI Jakarta karena adanya program dari pemerintah yaitu “Gerakan baca Jakarta”.

Sumber : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta

Berdasarkan data jumlah pengunjung perpustakaan yang tersebar di DKI Jakarta  pada bulan Januari-Desember tahun 2019, diketahui minat baca masyarakat berfluktuasi setiap bulannya dibuktikan dengan jumlah pengunjung perpustakaan. Awal Januari 2019 pengunjung perpustakaan di DKI Jakarta menurun dari 263.414 pengunjung menjadi 256.942, namun bulan Maret kembali terjadi peningkatan menjadi 361.991 pengunjung. Bulan Mei sampai bulan Juni cenderung terjadi penurunan dan jumlahnya kembali meningkat pada bulan Agustus sampai bulan Desember 2019. Jumlah pengunjung perpusatakaan mengalami peningkatan pada bulan Maret, Juli, November, dan Oktober hal ini kemungkinan karena pada bulan tersebut ada ujian pertengahan semester dan akhir semester.

Jika dilihat jumlah pengunjung perpustakaan perwilayah, pengunjung paling banyak di kota Jakarta Barat sebanyak 671.490 orang, Pengunjung perpustakaan di wilayah Jakarta Selatan sebanyak 655.537 orang, Jakarta Timur sebanyak 555.912 orang, Jakarta Utara 536182 orang, Jakarta Pusat 601.227 orang, dan kepulauan Seribu sebanyak 173.433 orang.  Dari data tersebut didapatkan informasi bahwa minat membaca masyarakat di DKI Jakarta masih banyak dibuktikan dengan banyaknya kunjungan masyarakat ke berbagai perpustakaan yang tersebar di wilayah kota DKI Jakarta. Meskipun sekarang dengan mudah bisa mengakses bahan bacaan dengan teknologi yang semakin modern tetapi itu diharapkan tidak menurunkan semangat masyarakat untuk tetap membudayakan membaca ke perpustakaan lansung karena di perpustakaan juga sudah disedikan fasilitas-fasilitas yang membuat pengunjung nyaman ketika membaca buku.

Sumber : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Penulis : Azira Irawan
Editor   : Hepy Dinawati