Breaking News

Pariwisata & Kebudayaan

Jumlah Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke DKI Jakarta Selama Tahun 2019

Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DKI Jakarta selama tahun 2019 cenderung fluktuatif

Definisi wisatawan mancanegara sesuai dengan rekomendasi United Nation World Tourism Organization (UNWTO) adalah setiap orang yang mengunjungi suatu negara di luar tempat tinggalnya, didorong oleh satu atau beberapa keperluan tanpa bermaksud memperoleh penghasilan di tempat yang dikunjungi dan lamanya kunjungan tersebut tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan. Definisi ini mencangkup dua kategori tamu mancanegara, yaitu :

  1. Wisatawan (tourist) adalah setiap pengunjung seperti definisi di atas yang tinggal paling sedikit 24 jam, akan tetapi tidak lebih dari 12 bulan di tempat yang dikunjungi dengan maksud kunjungan berlibur, rekreasi, olahraga, bisnis, mengunjungi teman dan keluarga, misi, menghadiri pertemuan, konferensi, kunjungan dengan alasan kesehatan, belajar dan keagamaan.
  2. Pelancong (excursionist) adalah setiap pengunjung seperti definisi di atas yang tinggal kurang dari 24 jam di tempat yang dikunjungi (termasuk cruise passenger yaitu setiap pengunjung yang tiba di suatu negara dengan kapal atau kereta api, dimana mereka tidak menginap di akomodasi yang tersedia di negara tersebut).

Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DKI Jakarta berjumlah 2.498.881 orang. Jumlah wisatawan mancanegara tertinggi berada pada bulan Juli 2019 sebanyak 268.258 orang. Sementara itu, jumlah wisatawan mancanegara terendah berada pada bulan Mei 2019 sebanyak 157.367 orang mengingat bulan tersebut bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan.

Terdapat beberapa pintu masuk yang digunakan oleh wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke DKI Jakarta, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma. Bandara Soekarno Hatta menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara terbanyak pada tahun 2019 dengan total wisatawan sebanyak 2.496.786 orang. hal tersebut berarti bahwa sekitar 99,92% wisatawan mancanegara masuk melalui Bandara Soekarno Hatta.

Tingkat penghunian kamar hotel adalah sebuah hasil perhitungan antara jumlah kamar yang ada dengan jumlah kamar yang telah dipesan. Tingkat penghunian kamar hotel berbintang cenderung tidak berbanding lurus dengan perubahan jumlah wisatawan mancanegara. Tingkat hunian hotel berbintang tertinggi berada pada bulan Januari 2019 sebesar 69,84%. Sementara itu, tingkat hunian hotel berbintang terendah berada pada bulan Juni sebesar 50,51%.

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Badan Pusat Statistik DKI Jakarta
Penulis  : Iqsyan Iswara Putra
Editor    : Hepy Dinawati