Breaking News

Komunikasi & Informatika

Kantor Pos Indonesia di DKI Jakarta Tahun 2019

Terdapat enam Kantor Pos pemeriksa yang tersebar di lima kota administrasi di DKI Jakarta

Kantor Pos Indonesia yang telah berdiri di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang sejak tahun 1746 ditunjuk oleh Pemerintah untuk menjadi platform logistik nasional yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.
Provinsi DKI Jakarta mempunyai kantor pos regional yang bernama Kantor Pos Regional IV Jakarta yang berlokasi di Jalan Gedung Kesenian Nomor 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10004.

Lima kantor pos pemeriksa di DKI Jakarta bertipe A yaitu dua kantor pemeriksa di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sedangkan, kantor pos pemeriksa di Jakarta Utara yang berlokasi di Jalan Swasembada Timur XI Nomor 37 bertipe B. Di Jakarta Pusat terdapat dua kantor pos pemeriksa yang berlokasi di Jalan Lapangan Banteng Utara Nomor 1, dengan kode kantor 10000 dan 10900.

Kantor Pos di DKI Jakarta untuk kategori cabang dalam dan luar negeri berjumlah 179 kantor, dimana sebanyak 177 kantor pos berjenis cabang dalam kota sedangkan dua kantor pos berjenis cabang luar kota. Dua kantor pos berjenis cabang luar kota ini berlokasi di Kepulauan Seribu yaitu di Pulau Tidung dan Pulau Pramuka.

Jakarta Pusat merupakan kota administrasi dengan cabang kantor pos dalam kota terbanyak yaitu 43 kantor, sebaliknya Jakarta Utara merupakan kota administrasi dengan jumlah cabang kantor pos paling sedikit di DKI Jakarta yaitu 20 kantor cabang.

Kantor Pos Indonesia di DKI Jakarta mempunyai 56 mobile postal service (MPS) yang tersebar di lima wilayah kota administrasi.

Jakarta Selatan mempunyai 19 MPS, 14 diantaranya terletak di berbagai Gedung di Jakarta Selatan seperti Gedung Pasar Minggu, Gedung Wisma Argo, Gedung Plaza Bapindo, Gedung ITC Permata Hijau, Gedung Bakri, Gedung PLN, Gedung Kemenperin, Gedung ITC Fatmawati, Gedung Bina Mulya, Gedung Kemenkes, Gedung Hero, Gedung Wisma Budi Bank BTN, Gedung Indocement, Gedung Century Tower. Dua diantara di Kalibata Mall dan Plaza II Pondok Indah, dan tiga diantaranya di Jalan Hanglekir Raya, Jlana Gedung Hijau, dan Jalan Melawai V.

Jakarta Timur dan Jakarta Utara mempunyai MPS paling sedikit diantara tiga wilayah administrasi lainnya yaitu 5 MPS yang berada di masing-masing wilayahnya.

Komitmen Kantor Pos Indonesia untuk dapat selalu beradaptasi mengikuti perkembangan zaman melalui penggunaan teknologi informasi terbaru untuk dapat melayani pelanggannya dari generasi ke generasi diharapkan dapat membuat Pos Indonesia selalu bisa bersaing dengan para jasa layanan pengiriman barang lainnya.

 

Sumber : Kantor Pos Indonesia
Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor   : Hepy Dinawati