Breaking News

Perhubungan

Kasus Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di DKI Jakarta Sepanjang Tahun 2018

Terjadi lonjakan jumlah penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan di DKI Jakarta sebesar hampir 10 kali lipat dari bulan Juni ke bulan Juli di tahun 2018

Tercatat sebanyak 428.276 kasus Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di DKI Jakarta sepanjang tahun 2018. Bulan Juli merupakan bulan dengan jumlah penindakan tertinggi yaitu sebesar 130.597 kasus, sedangkan bulan Juni mempunyai nilai jumlah penindakan terendah dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya yaitu sebanyak 1.358 kasus.

Sumber: Dinas Perhubungan DKI Jakarta

Data yang berhasil dihimpun oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui enam sub bagian yang berbeda yaitu Bidang Dalops, Sudinhub Jakarta Pusat, Sudinhub Jakarta Utara, Sudinhub Jakarta Selatan, Sudinhub Jakarta Barat, dan Sudinhub Jakarta Timur ini mengklasifikasikan kasus penindakan harian pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan menjadi tujuh kategori kasus. Adapun kasus penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan di DKI Jakarta meliputi tilang dinas perhubungan, stop operasi, tilang polisi, penderekan, operasi cabut pentil (OCP) roda dua dan roda empat, dan jaring/angkut.

Dari jumlah ketujuh kategori yang berbeda tersebut, kasus OCP roda 2 merupakan kasus dengan jumlah tertinggi diantara kasus-kasus lainnya yaitu sebanyak 158.970 kasus, sedangkan kasus jaring/angkut kendaraan bermotor mempunyai nilai kasus terendah dengan jumlah kasus sebanyak 9.275 kasus sepanjang tahun 2018.

Sumber: Dinas Perhubungan DKI Jakarta

Seringnya operasi penertiban serentak yang dilakukan oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta demi menegakkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum diharapkan bisa menertibkan lalu lintas dan angkutan jalan di DKI Jakarta sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengguna jalanan ibukota.

Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor   : Hepy Dinawati