Breaking News

Pendidikan

Kemampuan Membaca dan Menulis Warga DKI Jakarta

Sebanyak 99,6% warga DKI Jakarta dapat membaca dan menulis huruf latin dan 65,3% dapat membaca dan menulis huruf lainnya

Kemampuan membaca dan menulis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2019, sebanyak 99,6% warga DKI Jakarta dapat membaca dan menulis huruf latin dan 65,3% dapat membaca dan menulis huruf lainnya (Arab, Mandarin, dll).

Berdasarkan jenis kelamin tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan dalam hal kemampuan membaca dan menulis huruf latin dan huruf lainnya. Sebanyak 99,85% laki-laki dapat membaca dan menulis huruf latin, sedangkan perempuan 99,34%.

Berdasarkan kelompok pengeluaran juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal kemampuan membaca dan menulis huruf latin, walaupun terdapat tren naik seiring dengan besarnya pengeluaran. Di kelompok pengeluaran 40% terbawah sebanyak 99,51%, kelompok pengeluaran 40 persen tengah sebanyak 99,53% dan kelompok pengeluaran 20 persen teratas sebanyak 99,84%. Dalam hal kemampuan huruf lainnya, justru kelompok pengeluaran terbesar (20 persen teratas) yang paling rendah yakni 59,11%.

 

Berdasarkan kabupaten/kota juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal kemampuan membaca dan menulis huruf latin, sedangkan Kep. Seribu cukup menonjol dalam kemampuan membaca dan menulis huruf lainnya yakni 99,45%.

Sumber : Badan Pusat Statistik
Penulis : Adhitya Akbar
Editor   : Hepy Dinawati