Breaking News

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

 

Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah administrasi di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu terletak di sebelah utara Teluk Jakarta dan Laut Jawa Jakarta. Secara geografis letak Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu berada pada posisi 106o19’30” – 106o44’50” Bujur Timur dan 05o10’00” – 05o57’00” Lintang Selatan. Luas wilayah  Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mencapai 8,7 Km² atau mencapai 1,31% dari luas total wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu memiliki perbatasan sebelah utara dengan Laut Jawa/Selat Sunda. Di sebelah timur berbatasan dengan Laut Jawa. Di sebelah selatan berbatasan dengan Jakarta Utara, sebelah barat dengan Laut Jawa/Selat Sunda.

Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dibagi ke dalam 2 Kecamatan, yaitu Kepulauan Seribu Utara (5,6529 Km2) dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan (3,0432 Km2). Adapun jumlah Kelurahan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 6 Kelurahan yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, Kelurahan Pulau Panggang, Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Jumlah penduduk Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebanyak 28.289 jiwa dengan perbandingan 14.260 berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 14.029 perempuan. Kepadatan penduduk di wilayah ini adalah sebanyak 3.253,07  jiwa/km² dengan kepadatan penduduk di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan mencapai 3.841,02  jiwa/km² dan kepadatan penduduk di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mencapai 2.936,55  jiwa/km², kecamatan tersebut menjadi kecamatan dengan rasio kepadatan terendah.

Penduduk Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di dominasi dengan profesi sebagai nelayan, sebanyak 56,79% dari penduduk Kepulauan Seribu menjadi nelayan. Hal ini tentu bukan menjadi hal yang asing karena Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dikelilingi oleh wilayah perairan Laut Jawa.

Sumber data : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. DKI Jakarta
https://pulauseribu.jakarta.go.id