Breaking News

Pariwisata & Kebudayaan

Taman Impian Jaya Ancol menjadi Destinasi Favorit Wisatawan

Pada tahun 2019 kunjungan wisatawan nusantara ke DKI Jakarta hingga bulan Juni tercatat sebanyak 17,48 juta pengunjung

Kunjungan wisatawan nusantara ke DKI Jakarta setiap bulannya bersifat fluktuatif, dimana kunjungan wisatawan terbanyak terjadi pada bulan Juni yakni sebesar 6,2 juta wisatawan. Salah satunya disebabkan karena pada bulan tersebut merupakan libur lebaran sehingga banyak orang yang memanfaatkannya dengan mengunjungi objek-objek wisata di DKI Jakarta.

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Lima objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan hingga Juni 2019 yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional, dan Museum Sejarah Jakarta. Jumlah kunjungan di Taman Impian Jaya Ancol mencapai 6,8 juta kunjungan dengan rata-rata kunjungan setiap bulannya yakni 1,13 juta. Sementara itu, untuk Taman Margasatwa jumlah pengunjung hingga Juni 2019 yakni 2,87 juta dengan rata-rata pengunjung sebesar 478,7 ribu. Sedangkan TMII, dan Monas rata-rata pengunjung setiap bulannya hampir sama yakni 411 ribu  pengunjung.

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Namun, hal yang perlu menjadi perhatian yakni masih kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung ke museum. Hal ini bisa dilihat dari rendahnya jumlah kunjungan ke tempat wisata seperti Museum Bahari, Museum Joang, Museum Satria Mandala, dan Museum Prasasti. Salah satu cara yang bisa dilakukan pemerintah agar kunjungan ke museum meningkat yaitu dengan mengadakan festival atau pertunjukan yang menampilkan informasi mengenai sejarah yang ada di museum tersebut. Contohnya Museum Joeang 45, pengelola museum bisa mengadakan acara tahunan seperti nonton bareng film dokumenter mengenai perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Penulis : Suryani Putri
Editor   : Hepy Dinawati