Breaking News

Pendidikan

NILAI UJIAN NASIONAL DKI JAKARTA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN

Nilai Ujian Nasional meningkat pada semua jenjang pendidikan di tahun 2019, tingkat pendidikan SD paling baik nilainya meningkat 3,8 poin dari tahun sebelumnya

Meskipun bukan lagi menjadi syarat kelulusan semenjak era Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, Ujian Nasional (UN) tetap dianggap penting karena dapat digunakan sebagai alat pemetaan  dari kualitas pendidikan nasional.

Berdasarkan nilai Ujian Nasional (UN) di DKI Jakarta, ternyata di tingkat SD yang paling baik nilainya. Disusul oleh SMA/MA di urutan kedua, lalu SMP/MTS dan terakhir SMK. Nilai rata-rata UN SD (baik sekolah negeri maupun swasta) di tahun 2019 mencapai 68,7 meningkat 3,8 poin dari tahun sebelumnya. Secara rata-rata, di seluruh jenjang pendidikan mengalami kenaikan nilai UN.

Sumber: Dinas Pendidikan

Di tahun 2019, berdasarkan status sekolah pada tingkat SD, sekolah swasta unggul sedikit bila dibandingkan dengan sekolah negeri dalam hal nilai UN.  Terdapat tiga mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Secara rata-rata, sekolah swasta unggul 1,9 poin dengan nilai rata-rata 69,6 sedangkan sekolah negeri bernilai 67,7. Sekolah swasta unggul dalam semua mata pelajaran, di Bahasa Indonesia unggul 1,6 poin, IPA unggul 0,4 poin dan Matematika unggul 3,7 poin.

Sumber: Dinas Pendidikan

Sebaliknya, di tingkat SMP/MTS, sekolah negeri unggul cukup jauh dibandingkan swasta. Nilai rata-rata sekolah negeri adalah 63,2 sedangkan sekolah swasta hanya 54,6 terpaut sebanyak 8,6 poin. Sekolah negeri unggul di semua mata pelajaran. Di Bahasa Indonesia unggul 10,7 poin, Bahasa Inggris unggul 4,8 poin, IPA unggul 10,5 poin dan Matematika unggul 8,5 poin.

Sumber: Dinas Pendidikan

Di tingkat SMA/MA, secara umum sekolah negeri juga masih unggul dibanding swasta dengan selisih 3,6 poin. Nilai rata-rata sekolah negeri adalah 67,4 sedangkan sekolah swasta 63,7. Di tingkat SMA/MA ini terdapat 3 jurusan yakni IPA, IPS dan Bahasa.

Sumber: Dinas Pendidikan

Pada SMA/MA IPA terdapat 6 mata pelajaran yang diujikan dalam UN, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika. SMA/MA IPA Negeri unggul dalam semua mata pelajaran tersebut dengan nilai rata-rata 64,5 sedangkan SMA/MA IPA Swasta bernilai rata-rata 59,8 atau selisih 4,8 poin.

Pada SMA/MA IPS juga terdapat 6 mata pelajaran yang diujikan dalam UN, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi, Matematika dan Sosiologi. SMA/MA IPS Negeri juga unggul dalam semua mata pelajaran tersebut dengan nilai rata-rata 67,8 sedangkan SMA/MA IPS Swasta bernilai rata-rata 58,0 atau selisih 9,8 poin.

Sumber: Dinas Pendidikan

Pada SMA/MA Bahasa juga terdapat 6 mata pelajaran yang diujikan dalam UN, yaitu Antropologi, Bahasa Asing, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Sastra Indonesia. Dari keenam mata pelajaran tersebut, SMA/MA Bahasa berstatus sekolah negeri hanya unggul di satu mata pelajaran yaitu Sastra Indonesia dengan selisih yang jauh yakni 14,6 poin, sedangkan sekolah swasta lebih unggul pada mata pelajaran lainnya. Nilai rata-rata SMA/MA Bahasa Negeri yakni 69,8 sedangkan Swasta unggul 3,7 poin dengan nilai 73,5.

Pada SMK hanya terdapat 4 mata pelajaran yang diujikan dalam UN yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kompetensi dan Matematika. Nilai rata-rata SMK Negeri adalah 64,3 atau unggul 16,2 poin dibandingkan dengan SMK Swasta yang hanya bernilai 48,1. Dari semua jenjang pendidikan, hanya SMK Swasta yang masih dibawah standar kelulusan yakni 55 dari skala 1-100.

Sumber: Dinas Pendidikan

 

Sumber : Dinas Pendidikan
Penulis : Adhitya Akbar
Editor   : Hepy Dinawati