Breaking News

Pemerintahan

Pegawai Negeri Sipil Pemprov. DKI Jakarta Menurut Jabatan Tahun 2019

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta mencatat sebanyak 64.159 Pegawai Negeri Sipil yang aktif bekerja di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di tahun 2019

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019 berjumlah 64.159 jiwa yang tersebar di lima kota dan kabupaten administrasi dengan jumlah PNS laki-laki berjumlah 29.704 jiwa dan PNS perempuan berjumlah 34.455 jiwa. Jumlah ini turun sebesar 2% atau sebanyak 1.285 PNS dari tahun sebelumnya.

Kota Jakarta Timur mempunyai jumlah PNS terbanyak dibandingkan dengan satu kabupaten dan empat kota administrasi di DKI Jakarta lainnya yaitu 16.690 jiwa dengan jumlah PNS laki-laki sebesar 6.364 jiwa dan PNS berjenis kelamin perempuan sebesar 10.326 jiwa. Sebaliknya, Kabupaten Kepulauan Seribu mempunyai jumlah PNS paling sedikit di DKI Jakarta dibandingkan dengan wilayah administrasi lainnya yaitu berjumlah 910 jiwa.

Dilihat dari jenis jabatannya, data yang berhasil dihimpun oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta mengkategorikan jabatan PNS di lingkungan Provinsi DKI Jakarta menjadi tiga kategori yaitu Fungsional Tertentu, Fungsional Umum, dan Struktural. Jabatan Struktural terbagi menjadi lima kategori yaitu Eselon I, II, III, IV, dan V. Namun di tahun 2019 tidak ada PNS yang tercatat menduduki posisi jabatan struktural Eselon I dan V untuk lima wilayah kota administrasi dan satu kabupaten di DKI Jakarta.

Sebanyak 27.854 orang dan 23.042 orang PNS di lima kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta menduduki posisi jabatan fungsional tertentu dan jabatan fungsional umum. Selebihnya PNS di enam wilayah kota/kabupaten ini mempunyai jabatan struktural sebanyak 3.664 orang yang terbagi menjadi jabatan eselon I, II, III, dan IV.

Eselon I adalah jabatan struktural tertinggi yang memiliki dua jenjang yaitu Eselon IA dan Eselon IB yang diduduki oleh PNS bergolongan IV/c hingga IV/e. Namun di tahun 2019, tidak ada PNS di kantor wilayah kota Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara dan kabupaten Kepulauan Seribu yang menduduki jabatan Eselon I. Eselon II adalah jabatan struktural setingkat dibawah eselon I dengan dua jenjang yakni IIA dan IIB yang diduduki oleh PNS bergolongan IV/c hingga IV/d. Tercatat sebanyak 18 orang menduduki posisi jabatan struktur Eselon II.

Eselon III adalah jabatan struktural lapis tiga yang terdiri dari dua jenjang yaitu eselon IIIA dan IIIB dengan golongan pangkat III/d hingga IV/d. Di tahun 2019, terdapat 491 orang menduduki posisi jabatan struktural Eselon III. Eselon IV adalah jabatan struktural terendah yang diduduki oleh PNS yang terdiri dari dua jenjang yaitu eselon IVA dan IVB dengan jenjang pangkat golongan III/b sampai dengan III/d. Jumlah PNS yang menduduki jabatan ini di tahun 2019 mencapai 3.155 orang.

PNS DKI Jakarta yang menduduki jabatan struktural, fungsional umum, dan fungsional tertentu diharapkan mampu mengemban tugas jabatannya sebagai pelayan publik yang selalu mengayomi dan melayani warga DKI Jakarta semaksimal mungkin.

 

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah
Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor   : Hepy Dinawati