Breaking News

Kependudukan

Pelaporan Jumlah Kelahiran Periode Januari-September 2020 di Provinsi DKI Jakarta

Pelaporan jumlah kelahiran di Provinsi DKI Jakarta periode Januari-September 2020 mengalami peningkatan secara umum, peningkatan tertinggi yaitu pada bulan Mei-Juni 2020 sebanyak 9.672 pelaporan

Merujuk pada artikel http://statistik.jakarta.go.id/pelaporan-kelahiran-di-dki-jakarta-maret-2020/ sudah dijelaskan terkait pelaporan kelahiran dan kematian pada bulan Januari-Maret 2020. Jumlah pelaporan kelahiran merupakan data kelahiran penduduk yang dilaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, baik itu kelahiran yang terjadi pada bulan tersebut atau beberapa bulan sebelumnya. Berikut adalah jumlah pelaporan per wilayah selama 9 bulan terakhir tahun 2020:

Gambar 1. Jumlah Pelaporan Kelahiran Periode Januari-September 2020
Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Jumlah pelaporan paling banyak yaitu di wilayah Jakarta Timur sebanyak 28.343 pelaporan, wilayah Jakarta Timur juga lebih banyak penduduk dibandingkan dengan wilayah lainnya sehingga tidak dipungkiri bahwa jumlah kelahiran yang dilaporkanpun lebih banyak dibandingkan wilayah lain, sedangkan jumlah pelaporan paling sedikit yaitu di wilayah Kepulauan Seribu sebanyak 346 pelaporan.

Gambar 2. Pelaporan Kelahiran Berdasarkan Jenis Kelamin Perwilayah
Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Pada gambar 2 dapat dilihat jumlah pelaporan kelahiran berdasarkan jenis kelamin, jumlah pelaporan kelahiran berjenis kelamin laki-laki lebih banyak 4% dibandingkan jenis kelamin perempuan. Jumlah paling banyak untuk pelaporan kelahiran berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan yaitu di Jakarta timur sebesar 14.678 laki-laki dan 13.665 perempuan. Jumlah pelaporan terbanyak kedua setelah Jakarta Timur yaitu di Jakarta Barat dengan jumlah 10.174 perempuan dan 10.917 laki-laki, sedangkan jumlah pelaporan paling sedikit di Kepulauan Seribu yaitu 190 laki-laki dan 196 perempuan.

Gambar 3. Kecamatan dengan Jumlah Pelaporan Kelahiran Tertinggi
Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Berdasarkan gambar 3 di atas Kecamatan paling tinggi jumlah pelaporan kelahirannya yaitu Kecamatan Cakung sebanyak 5.221 pelaporan, yang kedua Kecamatan Cilincing 4.770 pelaporan dan Kecamatan Cengkareng 4.708, sedangkan jumlah paling rendah diantara 10 kecamatan tertinggi tersebut adalah Kecamatan Kramatjati sebanyak 2.917 pelaporan.

Gambar 4. Pelaporan Jumlah Kelahiran Periode Januari-September Tahun 2020
Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Berdasarkan gambar 4 dapat disimpulkan bahwa pelaporan kelahiran penduduk periode Januari-September 2020 mengalami peningkatan secara umum. Peningkatan tertinggi terjadi dari bulan Mei-Juni dari 8.181 menjadi 17.853 atau mengalami peningkatan 9.672 pelaporan, hal ini bisa diperkirakan karena 2 hal yaitu pertama karena sudah dilonggarkan PSBB menjadi PSBB Transisi di Provinsi DKI Jakarta sehingga masyarakat mulai berani melakukan pelayanan untuk pelaporan kelahiran ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan yang kedua karena jumlah kelahiran pada rentang bulan tersebut jumlahnya memang meningkat.

 

Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
Penulis : Azira Irawan
Editor   : Hepy Dinawati