Breaking News

Kependudukan

Pelaporan Kelahiran di DKI Jakarta Maret 2020

Pelaporan kelahiran di Provinsi DKI Jakarta pada bulan Maret 2020 sebanyak 7.026 pelaporan dengan persentase 28,7% di wilayah Jakarta Timur

Pada artikel sebelumnya http://statistik.jakarta.go.id/pelaporan-kematian-di-dki-jakarta-maret-2020/ sudah dijelaskan data terkait pelaporan kematian pada bulan Maret 2020. Lalu apakah dengan adanya kematian akan mengurangi jumlah populasi penduduk Provinsi DKI Jakarta? Jumlah pelaporan kematian di Provinsi DKI Jakarta lebih sedikit jika dibandingkan pelaporan kelahiran pada bulan Maret 2020, yaitu sebanyak 7.026 kelahiran. Dari 7.026 pelaporan kelahiran pada bulan Maret 2020 tersebut, untuk sebaran per wilayah dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1.

Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Jumlah pelaporan kelahiran paling banyak pada bulan Maret 2020 terdapat di Wilayah Jakarta Timur, dengan persentase 28,7%, kemudian di Jakarta Barat 22,0%, Jakarta Selatan 21,3%, Jakarta Utara 18,1%, Jakarta Pusat 9,5%, dan yang paling sedikit di wilayah Kepulauan Seribu sebesar 0,4%. Persentase ini merupakan total dari semua pelaporan kelahiran setiap wilayah. Jumlah pelaporan kelahiran ini mengimbangi bahkan melebihi jumlah pelaporan kematian pada bulan  tersebut. Pelaporan per jenis kelamin setiap wilayah dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2.

Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Pelaporan kelahiran untuk semua wilayah paling banyak berjenis kelamin laki-laki yaitu 3.665 kelahiran, sedangkan jumlah perempuan lebih sedikit yaitu 3.361 kelahiran. Sebaran per wilayah yang paling banyak di Jakarta Timur yaitu 1.033 kelahiran berjenis kelamin laki-laki dan 982 perempuan. Wilayah yang paling sedikit yaitu di Kepulauan Seribu dengan jumlah yang sama laki-laki dan perempuan sebanyak 14 kelahiran. Jika dibandingkan pelaporan kelahiran dengan jumlah kematian, untuk wilayah Kepulauan Seribu yaitu  dua kali lipat lebih jumlah pelaporan kematian. Persentase pelaporan kelahiran per kecamatan di Jakarta Timur bisa dilihat pada Gambar 3.

Gambar 3.

Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Pelaporan kelahiran paling banyak di Kecamatan Cakung sebesar 17%, dan yang paling sedikit di Kecamatan Matraman dan Makasar yaitu 6%, hal ini diperkirakan karena kepadatan penduduk di kedua wilayah ini juga lebih sedikit dibandingkan kecamatan Cakung. Data pelaporan kelahiran ini merupakan data kelahiran yang dilaporkan oleh warga pada bulan Maret 2020.

 

Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
Penulis : Azira Irawan
Editor   : Hepy Dinawati