Breaking News

Kesehatan

Pemegang KPDJ Akan Dapat Bantuan Pangan Murah

Pemegang Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) akan mendapatkan santunan dan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan murah setiap bulannya

Banyaknya jumlah penduduk disabilitas di DKI Jakarta ini dipahami oleh pemerintah sebagai sebuah dorongan untuk tidak hanya membangun fasilitas publik yang ramah disabilitas seperti trotoar dan penyebrangan sebidang. Namun, pemerintah mengganggap perlunya memberikan bantuan santunan ataupun pangan dalam pemenuhan kebutuhan kehidupan sehari-hari untuk para penyandang disabilitas. Hal ini membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memahami perlunya tindak nyata untuk membantu penduduk penyandang disabilitas dengan memberikan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ). Santunan yang berupa uang dan pangan murah yang diperuntukkan untuk para calon penerima kartu KPDJ diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan penerimanya.

Sumber: Dinas Sosial DKI Jakarta

Berdasakan data Dinas Sosial DKI Jakarta, terdapat 7.137 penyandang disabilitas sebagai calon pemegang KPDJ. Penerima kartu ini akan mendapatkan uang santunan dari Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp300.000 per bulannya serta hak untuk mendapatkan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan murah. Sebanding dengan jumlah penduduk di Jakarta Timur yang menempati posisi terbanyak, kota ini juga mempunyai jumlah calon pemegang kartu KPDJ tertinggi dibandingkan dengan kota administrasi lainnya yaitu sebanyak 2.352 jiwa. Sedangkan, Kepulauan Seribu mempunyai jumlah calon pemegang kartu KPDJ dengan jumlah paling sedikit dibandingkan dengan empat kota lainnya yaitu sebanyak 42 jiwa.

Sumber: Dinas Sosial DKI Jakarta

Jika diukur menurut kelurahan, dua kelurahan di Jakarta Utara dan Jakarta Timur mempunyai calon pemegang kartu KPDJ tertinggi yaitu kelurahan Tugu Utara dan Lagoa di Jakarta Utara dan kelurahan Jatinegara dan Penggilingan di Jakarta Timur. Satu kelurahan lainnya yang berkontribusi sebagai kelurahan dengan jumlah calon pemegang kartu KPDJ tertinggi adalah Kapuk di Jakarta Barat. Sedangkan, kelurahan Gambir, Karet Semanggi, Pegadungan, Pulo, dan Tanjung Duren Selatan adalah lima kelurahan dengan calon pemegang kartu KPDJ terendah di DKI Jakarta di tahun 2019. Kelima kelurahan dengan calon pemegang kartu KPDJ terendah ini memiliki hanya satu calon pemegang kartu KPDJ.

Sumber: Dinas Sosial DKI Jakarta

Jika calon pemegang KPDJ di DKI Jakarta dikategorikan berdasarkan usia, usia 41 sampai dengan 45 tahun mempunyai jumlah calon pemegang KPDJ tertinggi sedangkan usia dibawah 15 tahun mempunyai jumlah calon pemegang KPDJ terendah.

Sebesar 11,41% calon pemegang kartu KPDJ di DKI Jakarta berada pada usia 41 sampai dengan 45 tahun. Persentase tersebut merupakan persentase usia tertinggi yang disusul dengan usia 36 sampai dengan 40 dan diatas 60 tahun yaitu sebesar 11,08% dan 11%. Sebaliknya, usia dibawah 15 tahun mempunyai jumlah calon pemegang kartu KPDJ terendah yaitu sebanyak 461 jiwa atau sebesar 6,46%.

Sumber data : Dinas Sosial DKI Jakarta
Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor   : Hepy Dinawati