Breaking News

Kependudukan

Penduduk Masuk DKI Jakarta Tahun 2018

Penduduk masuk ke wilayah DKI Jakarta yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selama tahun 2018 mencapai 144.244 jiwa, sebanyak 52% adalah perempuan

Sepanjang tahun 2018, terdapat 144.244 penduduk yang masuk ke wilayah DKI Jakarta. Jumlah ini setara dengan 1,39% penduduk DKI Jakarta. Jumlah penduduk yang masuk fluktuatif setiap bulannya, dengan jumlah perempuan selalu lebih banyak dari laki-laki. Penduduk terbanyak masuk di bulan April dan Oktober dengan jumlah masing-masing lebih dari 15.000 jiwa, sedangkan di bulan Juni dan Juli menjadi yang tersedikit, dengan jumlah masing-masing 5.560 dan 7.750 jiwa.

Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

 

Menurut wilayah, penduduk masuk terbanyak ke Jakarta Timur dengan jumlah 45.228 atau 31,4% dari total penduduk masuk DKI Jakarta, jumlah ini juga setara dengan 1,53% jumlah penduduk Jakarta Timur, sedangkan penduduk masuk paling sedikit ke wilayah Kepulauan Seribu dengan jumlah 391 jiwa atau setara dengan 1,42% jumlah penduduk Kepulauan Seribu.

Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

 

Banyaknya penduduk luar daerah yang masuk ke suatu daerah akibat arus urbanisasi sering mendatangkan stigma buruk, salah satunya adalah bertambahnya beban sosial masyarakat yang dikenal dengan kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial atau yang biasa disingkat dengan PMKS. Kelompok PMKS ini diantaranya orang psikotik/stress, gelandangan, pengemis, pengamen, orang terlantar, WTS/PSK, dll.

Berdasarkan data jumlah penduduk masuk DKI dan jumlah PMKS tahun 2018 di bawah, ternyata tidak ada pengaruh langsung antara keduanya. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik regresi. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa penduduk yang masuk ke wilayah DKI Jakarta tidak serta merta langsung menjadi PMKS.

Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Sosial

Sumber data : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial
Penulis : Adhitya Akbar
Editor   : Hepy Dinawati