Breaking News

Ketenagakerjaan

Penempatan Tenaga Kerja di DKI Jakarta

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah menempatkan 24.042 tenaga kerja sepanjang tahun 2018

Penempatan tenaga kerja merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi guna menempatkan para pencari kerja. Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.07/MEN/IV/2008 Tahun 2008 tentang Penempatan Tenaga Kerja. Penempatan tenaga kerja adalah kegiatan pelayanan untuk mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja, pengguna tenaga kerja supaya pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya serta pemberi kerja memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya. Penempatan tenaga kerja bertujuan untuk meningkatkan kualitas fasilitas penempatan tenaga kerja sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

sumber: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Sepanjang tahun 2018, jumlah penempatan tenaga kerja di DKI Jakarta yakni sebanyak 24.042 orang. Penempatan tertinggi yakni di bulan November sebesar 2.840 orang. Selanjutnya yakni di bulan Desember sebanyak 2.743 orang. penempatan tenaga kerja terendah ada di bulan Juni yakni sebesar 1.600 orang. Rata-rata penempatan tenaga kerja yakni 2003 orang setiap bulannya.

sumber: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Penempatan tenaga kerja melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berasal dari Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi wilayah, Pusat Pelatihan Kerja Daerah, dan Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dari beberapa Sudin tersebut, penempatan tenaga kerja terbanyak berasal dari Sudin Nakertrans Kota Adm. Jakarta Pusat yakni sebesar 4.934 orang, sedangkan yang terendah berasal dari Sudin Nakertrans Kota Adm. Jakarta Selatan yakni 2.940 orang.

Berdasarkan penempatan melalui Pusat Pelatihan Kerja, penempatan terbanyak berasal dari Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Timur yakni sebesar 699 orang, sedangkan yang paling rendah berasal dari Pusat Pelatihan Kerja khusus pengembangan las condet sebesar 341 orang.

 

Penulis : Suryani Putri
Editor   : Hepy Dinawati