Breaking News

Perhubungan

PENINDAKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI DKI JAKARTA SEPANJANG TAHUN 2019

Jenis penindakan dengan jumlah terbanyak setiap bulannya yaitu Berita Acara Pemeriksaan (BAP)/tilang polisi dengan jumlah penindakan sebanyak 91.800 dari jumlah keseluruhan 203.572 penindakan

Berdasarkan artikel yang termuat sebelumnya (http://statistik.jakarta.go.id/kasus-penindakan-pelanggaran-lalu-lintas-dan-angkutan-jalan-di-dki-jakarta-sepanjang-tahun-2018/), penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan di DKI Jakarta sepanjang tahun 2018 terjadi sebanyak 428.276 kasus. Terdapat lonjakan jumlah penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan di DKI Jakarta sebesar hampir 10 kali lipat dari bulan Juni ke bulan Juli di tahun 2018.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terdapat enam unit penindak pelanggaran lalu lintas dan angkutan umum yaitu Bidang Dalops, Sudinhub Jakarta Pusat, Sudinhub Jakarta Utara, Sudinhub Jakarta Selatan, Sudinhub Jakarta Barat, dan Sudinhub Jakarta Timur. Selain itu terdapat beberapa kategori kasus dalam penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan yang meliputi BAP tilang, stop operasi, BAP polisi, penderekan, operasi cabut pentil (OCP) roda dua dan roda empat, dan jaring/angkut kendaraan motor.

Berdasarkan sumber yang sama yaitu Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah penindakan lalu lintas dan angkutan jalan dari Januari hingga Agustus 2019 sudah mencapai 48% (203.572 kasus) dari jumlah yang tercatat di sepanjang tahun 2018. Jika pada tahun 2018 terjadi lonjakan penindakan 10 kali lipat dari bulan Juni ke Juli, sedangkan di tahun 2019 justru terjadi penurunan yang cukup signifikan yaitu turun sekitar 80% dari bulan Maret ke April.

Jenis penindakan dengan jumlah terbanyak pada setiap bulannya yaitu ketika BAP/tilang polisi dengan jumlah penindakan sebanyak 91.800. Jumlah penindakan lalu lintas dan angkutan jalan terbanyak selanjutnya yaitu ketika BAP tilang dengan jumlah 34.318.

Dari jumlah 203.572 kasus penindakan lalu lintas dan angkutan jalan terdapat enam unit bidang/Sudin Perhubungan yang melakukan penindakan. Unit dengan jumlah penindakan terbanyak yaitu pada Bidang Dalops dengan jumlah 70.153. Jumlah pada unit ini didominasi penindakan BAP polisi yaitu sebesar 86%-nya.

Selanjutnya jumlah penindakan terbanyak kedua yaitu pada Sudinhub Jakarta Utara dengan jumah 33.980. Berbeda dengan unit Bidang Dalops yang didominasi sekitar 86%-nya dari BAP polisi, jumlah penindakan pada Sudinhub Jakarta Utara didominasi dari OCP Roda 2 dengan jumlah 12.214.

Sumber : Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Penulis : Khoirun Nisa
Editor   : Hepy Dinawati