Breaking News

Pendidikan

Perbandingan SMA dan SMK di DKI Jakarta

Jumlah siswa SMA lebih banyak dibandingkan siswa SMK di DKI Jakarta. Namun jumlah siswa SMK terus mengalami kenaikan setiap tahunnya

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pengertian Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP atau MTs. SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dalam hal ini tentu Pendidikan Tinggi atau Sekolah Tinggi.

Sementara itu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs yang bertujuan menyiapkan peserta didiknya untuk siap bekerja seusai menempuh jenjang SMK.

Perkembangan Jumlah Sekolah (SMA) di DKI Jakarta

Berdasarkan data yang didapat dari Kemendikbud, perkembangan jumlah SMA di DKI Jakarta baik negeri maupun swasta cenderung konstan dari tahun ajaran 2016/2017 sampai 2018/2019. Terdapat kenaikan jumlah SMA Negeri sebanyak 2 sekolah pada tahun ajaran 2018/2019 dan sebaliknya terdapat penurunan jumlah SMA Swasta sebanyak 2 sekolah. Jumlah SMA Swasta di DKI Jakarta 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jumlah SMA Negeri.

Perkembangan Jumlah Sekolah (SMK) di DKI Jakarta

Sementara itu, perkembangan jumlah SMK baik negeri maupun swasta di DKI Jakarta juga relatif konstan. Terdapat satu SMK Negeri baru pada tahun ajaran 2018/2019. Hingga tahun 2022, akan ada penambahan SMK sebanyak 42 sekolah serta penambahan kapasitas kelas di SMK wilayah DKI Jakarta. Hal ini megingat bahwa jumlah peminat SMK yang semakin banyak dan jumlah SMK Negeri yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah SMK Swasta.

Perkembangan Jumlah Siswa SMA di DKI Jakarta

Perkembangan jumlah siswa SMA baik negeri maupun swasta di DKI Jakarta cenderung fluktuatif. Jumlah siswa di SMA Negeri lebih banyak dibandingkan dengan jumlah siswa di SMA Swasta padahal jumlah SMA Negeri  lebih sedikit dibanding jumlah SMA Swasta. Terdapat kenaikan jumlah siswa sebanyak 748 siswa di SMA Negeri dan 5.609 siswa di SMA Swasta pada tahun ajaran 2017/2018. Namun pada tahun ajaran 2018/2019, jumlah siswa di SMA negeri maupun swasta berkurang sebanyak 47 siswa di SMA Negeri dan 4.249 siswa di SMA Swasta.

Perkembangan Jumlah Siswa SMK di DKI Jakarta

Sementara itu, perkembangan jumlah siswa SMK baik negeri maupun swasta relatif konstan cenderung naik jika dibandingkan dengan perkembangan jumlah siswa SMA. Jumlah siswa di SMK Swasta lebih banyak dibandingkan dengan jumlah siswa di SMK Negeri. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah SMK Negeri dan Swasta di DKI Jakarta. Terdapat kenaikan jumlah siswa SMK sebanyak 1.332 siswa di SMK Negeri dan 1.317 siswa di SMK Swasta pada tahun ajaran 2017/2018. Kenaikan juga terjadi pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 1.959 siswa di SMK Negeri dan 286 siswa di SMK Swasta DKI Jakarta.

Perbandingan Jumlah Siswa SMA dan SMK di DKI Jakarta

Secara keseluruhan, jumlah siswa SMA (Negeri dan Swasta) lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah siswa SMK (Negeri dan Swasta). Siswa lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan ke SMA dibandingkan dengan melanjutkan pendidikan ke SMK. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah siswa SMK terus bertambah dibandingkan dengan SMA. Hal tersebut membuktikan bahwa SMK semakin diminati meskipun jumlahnya tidak sebanyak siswa SMA.

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Penulis  : Iqsyan Iswara Putra
Editor    : Hepy Dinawati