Breaking News

Pekerjaan Umum

Persentase Penduduk DKI Jakarta Berumur 15 Tahun Ke Atas Yang Bekerja

Persentase penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja selama seminggu didominasi oleh laki-laki, dan sebagian kecil wanita, meskipun wanita hanya sebagian kecil tetapi masih banyak yang bekerja sebagai buruh tidak tetap

 

Gambar 1.

Sumber : Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Tahun 2018 penduduk tamatan SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi yang berumur 15 tahun keatas bekerja selama seminggu diberbagai bidang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berdasarkan gambar 1 didapatkan informasi sebagai berikut: pertama, yang bekerja dibidang pertanian sebesar 1,35% tamatan SD; 0,3% tamatan SMP; 0,01% tamatan SMA dan 0,22% tamatan Perguruan Tinggi. Persentase ini memberikan info bahwa umumnya penduduk yang bekerja di bidang pertanian sebagian besar adalah tamatan SD, hal ini mungkin disebabkan lulusan SD masih kurang pengalaman, dan untuk bekerja di bidang lainnya juga sulit karena kebanyakan perusahaan lebih mengutamakan lulusan SMA/SMK/Sarjana.

Penduduk yang bekerja dibidang Industri selama seminggu terdiri dari 19,51% tamatan SD; 21,26% tamatan SMP; 18,30% tamatan SMA, dan 13,91% tamatan Perguruan Tinggi. Sedangkan untuk bidang Jasa 79,14% tamatan SD; 78,44% tamatan SMP; 81,69% tamatan SMA, dan 85,87% tamatan Perguruan Tinggi.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja selama seminggu dibidang jasa sebagian besar tamatan Perguruan Tinggi, sedangkan sebagian kecilnya lagi yang bekerja dibidang pertanian adalah tamatan SD.

Gambar 2.

Sumber : Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Persentase penduduk berumur 15 tahun ke atas yang bekerja menurut status pekerjaan utama dan jenis kelamin dapat dilihat pada gambar 2. Status Pekerja bebas di non pertanian umumnya didominasi oleh laki-laki sebesar 64,54%, dan perempuan 35,46%. Sedangkan untuk status Pekerja bebas di pertanian 100% nya laki-laki. Pekerjaan sebagai buruh/karyawan/pegawai juga didominasi oleh laki-laki sebesar 61,97% dan wanita 38,03%. Sedangkan yang Berusaha dibantu buruh tetap/buruh dibayar 76,90% laki-laki dan 23,10% perempuan, dan Berusaha dibantu buruh tidak tetap/buruh tidak dibayar 53,53% laki-laki dan 46,47% perempuan. Status pekerjaan penduduk yang Berusaha sendiri adalah 65,81% laki-laki dan 34,19% wanita. Berdasarkan informasi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dari 6 status pekerjaan selama seminggu didominasi oleh laki-laki, dan sebagian kecil wanita, meskipun wanita hanya sebagian kecil tetapi masih banyak yang bekerja sebagai buruh tidak tetap/ tidak dibayar.

Sumber : Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta
Penulis : Azira Irawan
Editor   : Hepy Dinawati