Breaking News

Sosial Budaya

Persentase Perempuan Sebagai Kepala Rumah Tangga di DKI Jakarta

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak hal yang mulai bergeser salah satunya tugas suami sebagai kepala rumah tangga digantikan oleh istri dan sebaliknya. Berdasarkan data BPS DKI sebesar 45,44% istri menjadi kepala rumah tangga berumur kurang dari 20 tahun, sedangkan laki-laki dengan umur yang sama hanya 54,56% sebagai kepala rumah tangga

 

Pasal 31 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan menyebutkan bahwa suami adalah kepala rumah tangga dan istri adalah ibu rumah tangga. Bergantinya tugas dan tanggung jawab antara keduanya di latar belakangi oleh berbagai faktor mulai dari masalah ekonomi, kondisi suami yang tidak memungkinkan kerja karena sakit, suami malas bekerja diluar rumah dan berbagai faktor lainnya.

Hal ini berdampak kepada istri yang harus menjadi tulang punggung keluarga dan suami dirumah mengurus rumah tangga, tetapi tidak jarang istri juga melakukan pekerjaan ganda yakni sebelum berangkat kerja mereka mempersiapkan segala kebutuhan untuk keluarga kemudian baru bekerja. Keputusan perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga sekaligus kepala rumah tangga dijalani sebagian besar melalui kesepakatan antar kedua belah pihak, dan sebagian kecil karena terpaksa untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Berdasarkan Data Survei Ekonomi Nasional tahun 2018 didapatkan informasi sebaran kepala rumah tangga menurut jenis kelamin perwilayah di DKI Jakarta

Sumber : SUSENAS Maret 2018

Persentase kepala rumah tangga secara keseluruhan di DKI Jakarta 83,08% dikepalai oleh laki-laki dan 16,92% perempuan, sedangkan sebaran kepala rumah tangga berdasarkan wilayah paling tinggi yang dipegang laki-laki di Kepulauan Seribu sebanyak 89.50% dan perempuan sebesar 10.5%,  persentase paling kecil di Jakarta Pusat 81.01%  dan 18,99% dikepalai perempuan.

Sumber : SUSENAS Maret 2018

Persentase kepala rumah tangga berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin di DKI Jakarta 83,08 % laki-laki dan 16,92 % perempuan. Persentase tersebut dibagi lagi berdasarkan umur yang terdiri dari jumlah laki-laki yang menjadi kepala rumah tangga dengan umur 31-40 tahun sebesar 93,96 % dan 6,04 % perempuan, sedangkan rentang umur kurang dari 20 tahun banyak dikepalai oleh perempuan yaitu 45,44 % dan laki-laki hanya 54,56 %. Meskipun begitu, pergantian tugas ini tidaklah salah asalkan dijalankan dengan kesepakatan bersama.

Sumber : SUSENAS, Maret 2018, BPS DKI Jakarta
Penulis : Azira Irawan
Editor   : Hepy Dinawati