Breaking News

Kependudukan

Peserta Keluarga Berencana (KB) Aktif Di DKI Jakarta Meningkat 2,06 Persen

Sebanyak 1.463.483 Pasangan Usia Subur (PUS) di DKI Jakarta merupakan peserta Keluarga Berencana (KB) Aktif 

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) bahwa peserta baru Keluarga Berencana (KB) dalam tiga tahun terakhir ini naik sekitar 10,37%. Kenaikan ini juga diikuti oleh pertumbuhan peserta KB aktif setiap tahunnya.

Keterangan : data tahun 2016 – April 2019

Dapat dilihat dari grafik di atas bahwa rata-rata pertumbuhan jumlah peserta KB aktif di DKI Jakarta sebesar 2,06%. Tercatat April 2019 jumlah KB aktif sebanyak 1.463.483 pasangan usia subur (PUS). Wilayah Jakarta Timur merupakan wilayah dengan jumlah peserta KB aktif terbanyak setiap tahunnya lalu diikuti oleh Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Jakarta Selatan pernah mengalami kenaikan peserta KB aktif yang sangat signifikan di tahun 2017 yaitu naik sebesar 273,64% dari tahun sebelumnya. Sedangkan, Jakarta Timur di tahun 2017 justru mengalami penurunan jumlah peserta KB aktif yang cukup signifikan yaitu sebesar 30,33%.

Keterangan: IUD   : Intra Uterine Device
MOW : Metode Operasi Wanita
MOP  : Metode Operasi Pria

Peserta KB aktif di DKI Jakarta didominasi oleh peserta yang menggunakan jenis kontrasepsi suntikan yaitu 36,04% dari total peserta KB lalu diikuti oleh jenis pil dan IUD.

Jika dilihat dari jumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang melayani peserta KB, DKI Jakarta memiliki 1.886 faskes dan 88,28%-nya yang dilaporkan (terhitung pada April 2019), jumlah ini turun 1,26% dari tahun 2018.  Wilayah Jakarta Timur memiliki jumlah fasilitas kesehatan terbanyak, hal ini seiring dengan jumlah peserta KB di Jakarta Timur yang juga terbanyak dibanding wilayah lain. Terhitung jumlah fasilitas kesehatan di Jakarta Timur masing-masing sebanyak 497 yang ada dan 462 yang dilaporkan. Sedangkan Kepulauan Seribu hanya memiliki 7 fasilitas kesehatan yang melayani peserta KB.

Sementara itu, menurut jenis fasilitas kesehatan yang melayani KB, Praktek Bidan Mandiri memiliki faskes terbanyak yaitu sebanyak 998 faskes atau 52,92% dari total faskes di DKI Jakarta.

Sumber data: Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP)
Penulis : Khoirun Nisa
Editor   : Hepy Dinawati