Breaking News

Penanggulangan Bencana

Pohon Tumbang di DKI Jakarta

Kasus pohon tumbang di DKI Jakarta terjadi sebanyak 72 kali dari Januari 2019 sampai dengan September 2019 dan telah menelan kerugian sebanyak Rp.254.500.000,-

Banyak faktor yang menyebabkan pohon tumbang seperti cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan pohon lembab yang berdampak pada rapuhnya pohon. Selain itu juga, hujan deras yang disertai dengan angin kencang sangat besar kemungkinan dapat menyebabkan pohon tumbang. Tidak hanya faktor cuaca yang dapat menyebabkan pohon tumbang, usia pohon yang telah mencapai puluhan tahun akan mengalami pelapukan yang akhirnya menyebabkan pohon tumbang.

Sejak 2017 sampai dengan September 2019, jumlah pohon tumbang di DKI Jakarta semakin menurun. Di tahun 2017, dari bulan Januari sampai dengan September, tercatat sebanyak 201 pohon tumbang di DKI Jakarta, lalu pada tahun berikutnya dalam bulan yang sama kejadian pohon tumbang menurun sebesar 45,27%.

Dari sebanyak 72 kejadian pohon tumbang, menurut wilayahnya, kejadian pohon tumbang terbanyak terjadi di Jakarta Selatan yaitu sebanyak 20 kejadian, sedangkan kejadian pohon tumbang paling sedikit terjadi di Kepulauan Seribu yaitu sebanyak 5 kejadian. Jika dilihat dari banyaknya pohon tumbang menurut bulan kejadiannya, pada bulan Januari terjadi pohon tumbang sebanyak 27 pohon.

 Jumlah kerugian dari kejadian pohon tumbang mulai awal tahun 2019 sampai dengan akhir bulan September 2019 mencapai Rp.254.500.000. Jumlah kerugian terbanyak terjadi di bulan Agustus yaitu sebanyak Rp.200.000.000. Walaupun tidak terdapat satupun sarana yang mengalami kerusakan pada bulan ini, tingginya kerugian yang dicapai pada bulan ini diakibatkan adanya korban jiwa yaitu sebanyak dua orang. Sampai akhir tahun ini, jumlah korban dikarenakan pohon tumbang terhitung dua orang dan semua korban akibat pohon tumbang ini terjadi pada bulan Agustus.

Sarana yang mengalami kerusakan dikarenakan pohon tumbang sampai akhir bulan September sebanyak 10 sarana. Pada bulan Mei, Juni, Juli, dan September tidak ada satupun sarana yang rusak dikarenakan tumbangnya pohon di wilayah DKI Jakarta, namun pada bulan Maret terdapat 4 sarana yang rusak karena kejadian pohon tumbang.

Adapun upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi tumbangnya pohon yaitu dengan membentuk satuan tugas (satgas) yang berasal dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman di Kawasan yang banyak pohonnya, sehingga penanganan terhadap kejadian pohon tumbang akan cepat dilakukan.

Sumber : Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Prov. DKI Jakarta
Penulis : Dwi Permata Sari
Editor   : Hepy Dinawati