Breaking News

Pemerintahan

PROFIL ANGGOTA DPRD DKI JAKARTA PERIODE 2019-2024

Profil Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 berasal dari 10 partai besar dengan jumlah berbeda-beda, latar belakang pendidikan mulai dari lulusan SMA sampai sarjana S3 dan berbagai kalangan umur

Beberapa bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 17 April 2019 Indonesia mengadakan pesta rakyat besar-besaran yaitu pemilihan umum anggota Legislatif (DPR, DPRD, dan DPD) bersamaan dengan pemilihan presiden. Pasca terpilihnya anggota legislatif tersebut dilanjutkan dengan pelantikan yang dijadwalkan oleh masing-masing provinsi. Pelantikan untuk DPRD DKI Jakarta sendiri telah dilaksanakan 26 Agustus yang lalu. Jumlah anggota DPRD DKI Jakarta yang dilantik untuk periode 2019-2024 sebanyak 106 orang yang berasal dari 10 partai, diantaranya 16 orang sudah menjabat diperiode sebelumnya. Jumlah anggota DPRD DKI Jakarta berdasarkan partai bisa dilihat pada Gambar 1 berikut :


Gambar 1
Sumber : Pusat Pelayanan Statistik

Sepuluh partai besar yang dimaksud yaitu Demokrat, Gerindra, Gorlkar, NasDem, PAN, PDIP, PKB, PKS, PPP, PSI. Jumlah anggota paling banyak berasal dari partai PDIP sebanyak 25 orang, dan yang paling sedikit PPP 1 orang, anggota yang berasal dari partai PSI sendiri ada 8 orang meskipun partai baru tetapi jumlah ini cukup banyak dibandingkan PKB, PPP, Golkar dan NasDem. Jumlah anggota berdasarkan persentase jenis kelamin bisa dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2
Sumber : Pusat Pelayanan Statistik

Berdasarkan jenis kelamin Anggota DPRD terdiri dari 84 orang laki-laki dengan persentase 79% dan perempuan 22 orang atau 21%. Persentase ini hampir sama dengan anggota DPRD periode sebelumnya. Menurut UU No. 2 Tahun 2008 memuat kebijakan yang mengharuskan partai politik menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30% dalam pendirian maupun dalam kepengurusan di tingkat pusat. Angka ini didapat berdasarkan penelitian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyatakan bahwa jumlah minimum 30 persen memungkinkan terjadinya suatu perubahan dan membawa dampak pada kualitas keputusan yang diambil dalam lembaga-lembaga publik. Sejak diadakan pemilu anggota parlemen di Indonesia memang belum bisa mencapai 30% karena berbagai faktor tetapi kesetaraan gender ini sudah mulai diupayakan.

Gambar 3
Sumber : Pusat Pelayanan Statistik

Gambar 3 merupakan rentang umur anggota DPRD DKI Jakarta, sebanyak 58% dari anggota DPRD DKI Jakarta berumur 50 tahun kebawah dengan 9% nya berumur 23 sampai 30 tahun dan 42% berumur 51 tahun keatas dengan umur maksimal 72 tahun. Hal ini memberikan informasi bahwa umur bukan menjadi sebuah penghalang untuk terjun kedunia pemerintahan. Bukan berarti yang dilembaga pemerintahan hanya orang-orang berumur 50 tahun keatas tetapi yang berumur 30 tahun kebawah pun sudah banyak yang tertarik.


Gambar 4
Sumber : Pusat Pelayanan Statistik

Gambar 4 memberikan informasi tentang Pendidikan terakhir anggota DPRD DKI Jakarta 40% tamatan S1, 30% tamatan S2, 2% tamatan S3, 4% tamatan Diploma, dan 22% tamatan SMA, selebihnya ada data pendidikan terakhir yang belum ditemukan. Sebagian besar anggota DPRD pendidikan terakhirnya Sarjana S1, yang paling sedkit yaitu lulusan S3 dan Diploma. Ini memberikan informasi bahwa setelah lulus SMA kita bisa menjadi apa saja termasuk menjadi anggota legislatif sekalipun, tergantung niat, usaha, dan tekat seseorang.

Sumber : Pusat Pelayanan Statistik
Penulis : Azira Irawan
Editor   : Hepy Dinawati