Breaking News

Sosial Budaya

Program dan Kegiatan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta 2019

Sebanyak 891 kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Suku Dinas Sosial Kota, Kantor Sekretariat, Pusat Data dan Informasi Jaminan Sosial, dan Panti Sosial di tahun 2019

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bertugas untuk melaksanakan urusan sosial di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dalam rangka memenuhi kewajiban fungsi, dinas ini melakukan kegiatan-kegiatan yang dikategorikan dalam tujuh klasifikasi program yang berbeda yang meliputi program pemberdayaan sosial, program penanganan fakir miskin, program pengelolaan kendaraan operasional urusan sosial, program peningkatan dan pengelolaan kantor urusan sosial, program peningkatan layanan, prasarana dan sarana kesejahteraan sosial, program perlindungan sosial, dan program rehabilitasi sosial.

Dari ketujuh jenis program yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial, program peningkatan dan pengelolaan kantor urusan sosial adalah jenis program dengan jumlah kegiatan paling banyak yaitu sebanyak 348 kegiatan. Jenis program ini meliputi kegiatan penyediaan makan dan minum, alat dan barang, jasa, dan sewa. Alat dan barang seperti alat tulis kantor, alat pemadam api, barang cetakan dan penggandaan, dan alat kebersihan kantor, sedangkan kegiatan penyewaan pada program ini hanya penyewaan mesin fotokopi.

Program dengan jumlah kegiatan paling sedikit adalah program penanganan fakir miskin. Program ini mempunyai beberapa kegiatan seperti pendampingan, pelatihan, dan pembinaan seperti pendampingan kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP)/Kelompok Usaha Bersama (KUB), pelatihan kemandirian Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi penyandang disabilitas maupun lansia potensial, dan pemantapan pengelolaan e-warong dan KUBE jasa.

Program-program ini dilaksanakan oleh lima unit penyelenggara yang berbeda-beda yaitu Suku Dinas Sosial Kota, Kantor Sekretariat, Pusat Data dan Informasi Jaminan Sosial, Panti Sosial, dan Dinas Sosial. Panti Sosial adalah unit penyelenggara dengan jumlah kegiatan terbanyak yaitu sebanyak 583 kegiatan. Beberapa contoh kegiatan ini meliputi pelaksanaan bimbingan sosial, fisik, mental, spiritual, psikososial, kesenian, keterampilan dan Rekreasi Warga Binaan Sosial (WBS), penyediaan kebutuhan sandang bagi WBS, penyediaan makan dan minum, serta penyediaan sarana dan prasarana. Di tahun yang sama, Pusat Data dan Informasi Jaminan Sosial mempunyai jumlah kegiatan paling sedikit yaitu sebanyak 4 kegiatan sepanjang tahun 2019. Empat kegiatan yang dibawahi oleh unit Pusat Data dan Informasi Jaminan Sosial adalah koordinasi pelaksanaan pemutakhiran mandiri data terpadu program penanganan fakir miskin, pengadaan sarana dan prasarana pengelolaan data fakir miskin, pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data fakir miskin dan bantuan sosial, dan pengelolaan sistem informasi dan layanan data.

Sebanyak 891 kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, dinas ini menganggarkan dana sebesar Rp.506.871.344.193. Walaupun Program Peningkatan Layanan, Prasarana dan Sarana Kesejahteraan Sosial merupakan program dengan jumlah kegiatan paling banyak di tahun 2019, namun Program Rehabilitasi Sosial merupakan program dengan jumlah anggaran paling banyak yaitu sebesar Rp.236.105.062.893, sedangkan Program Pengelolaan Kendaraan Operasional Urusan Sosial merupakan program dengan jumlah anggaran paling sedikit yaitu sebesar Rp.7.749.425.572.

Program yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan untuk mendukung visi dan misi Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun ini diselenggarakan dalam rangka untuk mendukung tercapainya misi dinas ini seperti mengembangkan prasarana, sarana dan sistem penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan meningkatkan profesionalitas penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dalam perlindungan sosial, jaminan sosial, dan pemberdayaan dan rehabilitasi sosial. Partisipasi Dinas Sosial dalam berbagai kegiatan ini diharapkan mampu mewujudkan masyarakat Jakarta yang peduli, manusiawi dan mandiri.

Sumber : Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
Penulis  : Dwi Puspita Sari
Editor    : Hepy Dinawati