Breaking News

Kesehatan

Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019

Sebanyak 28 Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera tersebar di lima kota dan satu kabupaten di Provinsi DKI Jakarta

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1970 ditetapkan sebagai Lembaga pemerintah non-departemen yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Lembaga ini telah mengembangkan program-program aksi seperti pengembangan pusat pelayanan keluarga sejahtera (PPKS) yang dibentuk di beberapa provinsi yang berada di Indonesia termasuk Provinsi DKI Jakarta.

Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) dapat diartikan sebagai institusi yang memberikan kegiatan pelayanan keluarga melalui pemberian penyuluhan/komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE). Sebagai wadah yang mempunyai peran aktif dalam pemberian informasi bagi keluarga, delapan peran PPKS meliputi merawat kehamilan dan mempersiapkan kelahiran, pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak, meningkatkan pengetahuan remaja tentang pendewasaan usia perkawinan (PUP), membangun komunikasi yang baik dan efektif bagi orang tua dengan anak, mempersiapkan keluarga memasuki kehidupan lansia dan merawat lansia agar tetap produktif, masalah kesehatan reproduksi, konsultasi kewirausahaan, dan memberikan rujukan terhadap permasalahan keluarga.

Terjadi penambahan jumlah PPKS di wilayah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2018 menuju tahun 2019.

Di tahun 2018, jumlah PPKS di Provinsi DKI Jakarta sebanyak 27 tempat yang tersebar di lima kota dan satu kabupaten di Provinsi DKI Jakarta. Di tahun ini, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara mempunyai jumlah tempat penyelenggaraan PPKS sama yaitu sebanyak lima tempat PPKS, namun Kepulauan Seribu mempunyai jumlah tempat penyelenggaraan PPKS paling sedikit dibandingkan dengan wilayah lainnya yaitu sebanyak tiga tempat PPKS.

Di tahun 2019, jumlah PPKS di Provinsi DKI Jakarta sebanyak 28 tempat yang tersebar di lima kota dan satu kabupaten di Provinsi DKI Jakarta. Jumlah ini naik sebanyak satu tempat PPKS dari tahun sebelumnya. Jakarta Pusat pada tahun sebelumnya yang mempunyai lima tempat PPKS menambah jumlah PPKSnya di tahun ini sebanyak satu tempat PPKS.

Di tahun 2018, terdapat satu lokasi PPKS yang terletak di Jakarta Barat yang sudah tidak digunakan sebagai tempat pelaksanaan PPKS di tahun 2019 yaitu PPKS Teratai di Jalan Lingkungan III RT 15 RW 03. Tempat sebelumnya diganti di wilayah yang sama namun hanya berbeda nomor rukun tetangganya saja. Penambahan jumlah PPKS hanya berada di wilayah kota administrasi Jakarta Pusat yaitu adanya PPKS Universitas Yarsi yang belokasi di Jalan Letjen Soeprapto Kavling 13 Cempaka Putih.

Bergabungnya Universitas Yarsi yang berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta di tahun 2019 diharapkan mampu menjadi tempat masyarakat umum yang memerlukan data dan informasi mengenai kependudukan dan keluarga berencana (KKB), kegiatan pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, keluarga lansia, dan hal-hal terkait mengenai kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan keluarga sejahtera.

Sumber : Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk
Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor  : Hepy Dinawati