Breaking News

Pendidikan

RASIO GURU DAN MURID DI DKI JAKARTA 2019

Di tahun 2019, rasio guru dan murid pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar adalah 1:21, sedangkan rasio guru dan murid pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas hanya 1:15

Sekolah Dasar (SD) sebagai jenjang pendidikan formal terendah ternyata memiliki rasio guru dan murid yang tertinggi dibanding jenjang pendidikan lainnya, setidaknya dalam kurun 5 tahun terakhir ini.

Terhitung 1 Januari 2019, rasio guru dan murid SD adalah 1:21. Artinya setiap 1 guru SD di DKI Jakarta memiliki beban mengajar 21 murid secara rata-rata. Pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), rasio guru dan murid adalah 1:19. Hal yang menarik adalah pada tingkat SMA/SMK yang notabene setara ternyata memiliki ketimpangan rasio guru dan murid. Pada SMK, setiap 1 guru memiliki beban mengajar sebanyak 20 murid (hampir sama dengan tingkat SD dan SMP), tetapi pada SMA guru berbanding murid hanya 1:15. Hal ini terjadi karena jumlah siswa SMK ternyata jauh lebih banyak dibanding siswa SMA, sedangkan jumlah gurunya hampir sama.

Sumber: Dinas Pendidikan, data diolah

Rasio guru dan murid juga tidak sama di setiap wilayahnya. Pada grafik di bawah dapat terlihat Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki rasio guru dan murid yang terendah dibanding wilayah lainnya di semua jenjang pendidikan (kecuali pada tingkat SMA). Pada tingkat SD misalnya, rasio guru dan murid di 5 kota administrasi sejumlah 1:20 hingga 1:23, sedangkan di Kabupaten Kepulauan Seribu hanya 1:14 dengan rata-rata provinsi 1:21. Di tingkat SMK, rasio guru dan murid di 5 kota administrasi sejumlah 1:17 hingga 1:23, sedangkan di Kabupaten Kepulauan Seribu hanya 1:12 dengan rata-rata provinsi 1:20. Hanya di tingkat SMA rasio guru dan murid sangat seimbang di semua wilayah DKI Jakarta yakni 1:14 di Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu serta 1:15 di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sumber: Dinas Pendidikan, data diolah

 

Sumber: Dinas Pendidikan, data diolah
Penulis : Adhitya Akbar
Editor   : Hepy Dinawati