Breaking News

Penanggulangan Bencana

REKAP STATUS TINGGI MUKA AIR DI BEBERAPA TITIK PINTU AIR SUNGAI/KALI WILAYAH DKI JAKARTA

Pintu Air Jembatan Merah dan Ciliwung berstatus siaga setiap harinya dalam tiga bulan terakhir

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa puncak musim hujan 2018/2019 terjadi pada Januari-Februari 2019. Di wilayah DKI Jakarta sendiri musim hujan masih terus terjadi hingga akhir Maret 2019. Puncak musim hujan perlu diwaspadai oleh Pemda DKI Jakarta, mengingat bahwa di beberapa titik wilayah Jakarta sering terjadi banjir setiap musim hujan datang.

Salah satu bentuk pencegahan dan waspada dini terhadap banjir di wilayah DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Air melakukan pemantauan tinggi muka air di beberapa titik pintu air (PA) sungai/kali. Pemantauan ini dilakukan setiap jam dan hasilnya dipublikasikan di portal poskobanjirdsda.jakarta.go.id. Selain portal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta dalam portalnya bpbd.jakarta.go.id juga menginfokan setiap waktu data tinggi muka air di beberapa titik pintu air sungai/kali.

 Berikut ini tabel batas siaga di beberapa titik pintu air sungai/kali wilayah DKI Jakarta.

 

Sumber: bpbd.jakarta.go.id

Berikut adalah grafik jumlah hari dengan mengambil tinggi muka air maksimum dalam waktu tertentu di setiap harinya.

 

Sumber: data.jakarta.go.id

Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air, sepanjang bulan Januari 2019 terdapat beberapa hari dengan status siaga 1 dan siaga 2 di beberapa titik pintu air sungai/kali terutama di PA. Jembatan Merah, Ciliwung. Tercatat terdapat 3 hari dengan status siaga 1 dan 28 hari berstatus siaga 2 di  PA. Jembatan Merah, Ciliwung. Status tinggi muka air maksimum di PA. Jembatan Merah ini merupakan yang paling parah dibandingkan dengan status di lokasi lainnya. Selain itu, status siaga yang cukup mengkawatirkan juga ada di pintu air Marina Ancol, Pompa Pasar Ikan, Istiqlal dan Hek. Dalam sebulan terdapat 23 hari dan 14 hari berstatus siaga 2 di masing-masing pintu air Marina Ancol dan Pompa Pasar Ikan.

Sumber: data.jakarta.go.id

Berdasarkan data yang dipublikasikan di data.jakarta.go.id, hanya 14 hari yang terekap dalam Data Tinggi Muka Air DKI Jakarta tahun 2019. Sama seperti bulan sebelumnya, di periode ini status siaga di PA Jembatan Merah masih mengkhawatirkan dengan status siaga 2 selama 14 hari. Namun, status siaga 1 bukan lagi di PA Jembatan Merah tetapi di PA Hek selama 1 hari dan 4 hari berstatus siaga 3.

Sumber: data.jakarta.go.id

Tinggi muka air maksimum di sepanjang bulan Maret 2019 masih mengkhawatirkan untuk kelima titik di PA Ancol Flusing, Jembatan Merah, Hek, Marina Ancol dan Pompa Pasar Ikan. Status siaga 1 masih ada di PA Hek selama 1 hari dan 9 hari berstatus siaga 2 serta sisanya 21 hari berstatus siaga 3, yang artinya setiap harinya di bulan Maret pintu air ini selalu berstatus siaga. Sementara itu, di PA Jembatan Merah terdapat 27 hari berstatus siaga 2.

Dari kelima pintu air tersebut, Pintu Air Jembatan Merah, Ciliwung dengan tinggi muka air maksimum selalu berstatus siaga setiap harinya dalam tiga bulan terakhir.

 

Penulis : Khoirun Nisa
Editor   : Hepy Dinawati