Breaking News

Pertahanan dan Keamanan

Satuan Polisi Pamong Praja Tertibkan Minuman Beralkohol

Terdapat 12.807 minumam beralkohol yang berhasil ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta pada semester pertama tahun 2019

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja Pasal 4 menjelaskan tugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yaitu menegakkan Peraturan Daerah dan menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Satpol PP mempunyai kewajiban untuk membantu kepala daerah dalam rangka menciptakan kondisi daerah yang tentram, tertib, dan teratur guna berjalannya penyelenggaraan pemerintah secara lancar dan aman.

Satpol PP menertibkan bermacam-macam jenis minuman beralkohol seperti aneka jenis minuman beralkohol anggur (anggur gingseng, anggur merah, dan anggur orang tua), bir, vodka, ciu, dan brandy.

 Sepanjang tahun 2018, sebanyak 12.826 minuman beralkohol yang berhasil ditertibkan oleh Satpol PP. Sebanyak 46,78% dari jumlah keseluruhan minuman beralkohol yang diamankan berlokasi di Jakarta Barat. Persentase tersebut merupakan persentase tertinggi dibandingkan dengan nilai persentase di wilayah lainnya. Lain halnya dengan Kepulauan Seribu yang tidak ada satupun minuman beralkohol yang ditertibkan oleh Satpol PP.

Dari data yang berhasil dilaporkan oleh Satpol PP DKI Jakarta sampai akhir semester pertama tahun 2019, sebanyak 12.807 minuman beralkohol telah berhasil dimusnakan. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana jumlah minuman beralkohol yang berhasil ditertibkan paling banyak berada di wilayah Jakarta Barat, namun sampai dengan akhir semester pertama tahun 2019, Jakarta Timur adalah wilayah dengan jumlah minuman beralkohol yang dimusnakan terbanyak. Tercatat hingga Juni 2019, sebanyak 6.181 minuman beralkohol berhasil dimusnakan di wilayah ini.

Belum sampai dengan perhitungan akhir tahun, jumlah minuman beralkohol yang berhasil dimusnakan hingga pertengahan tahun 2019 sudah mencapai hampir sama dengan jumlah minuman beralkohol yang berhasil ditertibkan sepanjang tahun 2018.

Pemusnahan minuman beralkohol yang dilakukan oleh Satpol PP ini merupakan suatu upaya yang dilakukan dalam rangka untuk melindungi penduduk wilayah DKI Jakarta terhadap banyaknya kematian yang diakibatkan beredarnya minuman beralkohol oplosan dan juga dalam rangka menekan banyaknya peredaran minuman beralkohol illegal yang beredar di wilayah DKI Jakarta.

Sumber : Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)
Penulis : Dwi Puspita Sari
Editor   : Hepy Dinawati