Breaking News

Pemerintahan

Sebanyak 24% PNS di DKI Jakarta Akan Memasuki Masa Purna Bakti Dalam Kurun Waktu Kurang Dari Lima Tahun Kedepan

Pada tahun 2019 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta mencatat sebanyak 12.956 PNS yang bekerja di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusia 56 tahun keatas

Datang dan pergi merupakan bagian dari fase kehidupan seorang manusia. Bagi para PNS, masa pensiun merupakan satu fase kehidupan baru yang dimulai dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti memperkuat ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil pada Pasal 349 Ayat (2) Batas Usia Pensiun PNS adalah 58 tahun dikecualikan bagi PNS yang menduduki Jabatan Fungsional.

Di tahun 2019, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta telah mendata PNS pada tingkat Kabupaten dan Kota yang bekerja di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan mengkategorikan rentang usia PNS menjadi enam kategori seperti dalam grafik dibawah ini.

Di tingkat kota dan kabupaten, jumlah PNS yang bekerja di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta didominasi oleh orang yang berumur 51 sampai dengan 55 tahun yaitu 27% dengan 6.534 PNS laki-laki dan 8.074 PNS perempuan. Jumlah ini disusul dengan PNS dengan usia 56 tahun keatas sebesar 24% dengan 5.089 PNS laki-laki dan 7.867 PNS perempuan.

Jika mengacu pada peraturan pemerintah diatas, maka sebanyak 51% PNS di DKI Jakarta akan memasuki masa purna bakti dalam kurun waktu sepuluh tahun kedepan. Tiga wilayah dengan jumlah PNS terbanyak yang akan pensiun sampai dengan tahun 2030 adalah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat masing-masing dengan sebanyak 9.189 orang, 6.885 orang, dan 4.746 orang.

 

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah
Penulis  : Dwi Puspita Sari
Editor    : Hepy Dinawati