Breaking News

Pemerintahan

Sebanyak 51% PNS Pemprov DKI Jakarta Berstatus Guru di Tahun 2019

Tercatat sebanyak 32.751 PNS guru yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta

PNS di lingkungan Provinsi DKI Jakarta bekerja pada unit Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berbeda-beda, baik itu pada unit yang berbentuk Badan, Dinas, Inspektorat, Satuan maupun Sekretariat. Dari sebanyak 42 unit organisasi pada OPD di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan merupakan OPD dengan jumlah PNS terbanyak.

Adapun dua OPD lainnya dengan jumlah PNS terbanyak yaitu Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja dengan jumlah PNS masing-masing sebanyak 5.825 orang, dan 3.056 orang. PNS yang bekerja di Dinas Pendidikan dibagi menjadi dua kategori yaitu PNS guru dan non guru. Guru sebagai tenaga pendidik mempunyai peran sebagai garda terdepan dalam mencetak generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Dengan perannya yang sangat penting tersebut, tidak heran jika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempunyai tenaga Guru PNS yang sangat banyak.

Pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, hanya 5% atau 1.715 PNS yang berprofesi sebagai PNS non guru yang terdiri dari 868 PNS laki-laki dan 847 PNS perempuan, namun selebihnya PNS pada dinas ini bekerja sebagai guru. Jika dilihat secara keseluruhannya, guru PNS di DKI Jakarta mempunyai persentase yang sangat tinggi yaitu mencapai 51%.

Guru-guru di DKI Jakarta ini terdiri dari 10.788 guru laki-laki dan 21.963 guru perempuan yang berprofesi sebagai tenaga pengajar dari tingkat SD sampai dengan SMA. Selebihnya sebesar 49% atau sebanyak 31.408 orang di DKI Jakarta masuk dalam kategori PNS non guru yang mengabdi pada berbagai OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 

Sumber : Badan Kepegawaian Daerah
Penulis  : Dwi Puspita Sari
Editor    : Hepy Dinawati