Breaking News

Perhubungan

Statistik Komuter DKI Jakarta 2019

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, penduduk umur 5 tahun keatas yang merupakan komuter di DKI Jakarta sebanyak 1.094.691 orang atau sekitar 12% dari total penduduk

KRL Commuter Line yang juga dikenal sebagai KRL Jabodetabek adalah layanan kereta rel listrik komuter yang dioperasikan oleh PT Commuter Indonesia, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). KRL telah dioperasikan di wilayah Jakarta sejak tahun 1925, hingga kini melayanai rute komuter di wilayah DKI Jakarta, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Komuter adalah seseorang yang melakukan suatu kegiatan bekerja/sekolah/kursus di luar kabupaten/kota tempat tinggal dan secara rutin pergi dan pulang (PP) ke tempat tinggalnya pada hari yang sama. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, penduduk umur 5 tahun keatas yang merupakan komuter di DKI Jakarta sebanyak 1.094.691 orang atau sekitar 12% dari total penduduk (diatas 5 tahun). Para komuter paling banyak tinggal di wilayah Jakarta Timur dengan jumlah komuter sebanyak 341.591 orang.

Menurut jenis kelamin, laki-laki lebih sering menggunakan KRL dibandingkan dengan perempuan. Jumlah laki-laki yang menggunakan KRL di DKI Jakarta sebanyak 707.990 orang dan perempuan sebanyak 386.701 orang. Terlihat bahwa laki-laki mendominasi hampir di semua wilayah di DKI Jakarta dalam menggunakan KRL.

KRL menjadi moda andalan para komuter dalam pergi bekerja. Sebanyak 1.094.691 atau sekitat 83% komuter menggunakan KRL untuk bekerja. Komuter lainnya menggunakan KRL untuk sekolah sebesar 16,8% dan kursus sebesar 0,2%.

Para komuter paling banyak berada pada usia 15-24 tahun. Hal ini mengingat bahwa yang paling banyak yang menggunakan KRL adalah para pekerja dengan rentang umur sekitar 20 – 40an tahun. Terdapat juga komuter dengan usia 5-14 tahun yaitu para komuter yang menggunakan KRL untuk pergi bersekolah.

Banyak para komuter berpenghasilan diatas 5 juta rupiah yang menggunakan KRL sebagai moda transportasi untuk bekerja, yaitu sebanyak 328.571 orang. Para komuter berpenghasilan diantara 3 juta sampai 3,9 juta rupiah yang menggunakan KRL terbanyak kedua, yaitu sebanyak 266.013 orang.

Sumber : Badan Pusat Statistik
Penulis  : Iqsyan Iswara Putra
Editor    : Hepy Dinawati