Breaking News

Lingkungan Hidup

Tempat Pembuangan Sampah Sementara/ Fasilitas Pengumpul Sampah Sementara di Wilayah DKI Jakarta Tahun 2018-2020

Tercatat pada tahun 2019, terdapat 1.125 Tempat Pembuangan Sampah Sementara di DKI Jakarta atau bertambah 1% dari tahun sebelumnya

Sampah menjadi sesuatu hal yang tak terlepaskan oleh kehidupan manusia setiap harinya. Selama manusia itu melakukan aktifitas seperti makan, minum, bekerja, memasak, dan lainnya sudah tentu akan menghasilkan sampah yang tak terpakai. Sampah masyarakat Jakarta yang masuk Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang mencapai 6,9 ribu ton setiap harinya di tahun 2019.

Sebelum sampah masyarakat DKI Jakarta di angkut truk sampah untuk didistribusikan ke tempat pembuangan akhir atau ke tempat pengelolaan sampah lainnya, sampah tersebut di tampung terlebih dahulu ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup status lahan TPS tidak hanya milik Pemda DKI, tetapi ada beberapa milik perusahaan swasta dan milik warga pribadi.

Terdapat lima Jenis TPS atau fasilitas pengumpul sampah sementara dalam publikasi ini yaitu bak beton, dipo, pool gerobak, pool konteiner dan TPS/TPS 3R (tempat penampungan yang difasilitasi Reduce, Reuse & Recycle). Tercatat pada tahun 2019, terdapat 1.125 TPS di DKI Jakarta atau bertambah 1% dari tahun sebelumnya. Jumlah ini didominasi oleh pool gerobak dan pool kontainer yaitu masing-masing sebanyak 417 dan 296 TPS.

Sebanyak 33% dari 1.125 TPS ada di wilayah Jakarta Timur dan ini merupakan jumlah TPS terbanyak dibanding dengan wilayah lainnya. Jumlah ini didominasi oleh banyaknya TPS jenis bak beton dengan jumlah 118 TPS. Jumlah TPS terbanyak selanjutnya yaitu ada di Jakarta Barat dengan jumlah 259 TPS. Di setiap wilayah DKI Jakarta, jumlah pool gerobak merupakan jumlah terbanyak dibandingkan jenis TPS lainnya. Sedangkan jenis TPS yang paling sedikit yaitu TPS 3R dengan jumlah 17 TPS.

Berdasarkan data yang sudah dipublikasi hingga saat ini dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, jumlah TPS pada bulan Januari 2020 sudah mencapai 89,6% (1.008 TPS) dari jumlah TPS di sepanjang tahun 2019. Seperti tahun – tahun sebelumnya pool gerobak menjadi tempat pembuangan sampah sementara terbanyak bahkan sudah mencapai 71,46% dari jumlah di tahun 2019. TPS terbanyak selanjutnya yaitu pada bak beton, TPS, pool kontainer dan seterusnya.

Sebanyak 35% dari 1.008 TPS ada di wilayah Jakarta Timur dan ini merupakan jumlah TPS terbanyak dibandingkan wilayah lainnya. Jumlah ini didominasi oleh tingginya jumlah TPS pool gerobak dengan jumlah 125 TPS atau 60%-nya. Jumlah TPS terbanyak selanjutnya yaitu ada di Jakarta Barat dengan 236 TPS yang didominasi TPS jenis biasa dengan jumlah 116 TPS.  Sedangkan jenis TPS yang paling sedikit yaitu TPS 3R dengan jumlah 9 TPS.

 

Sumber : Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta
Penulis : Khoirun Nisa
Editor : Hepy Dinawati