Breaking News

Lingkungan Hidup

Volume Sampah DKI Jakarta di TPST Bantar Gebang, 2018

Setiap warga DKI Jakarta memproduksi sampah sebanyak 0,7 kg per hari

Volume sampah tahunan DKI Jakarta di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang pada akhir tahun 2018 mencapai 2,73 juta ton atau meningkat 10,2% dibanding tahun 2017 yang mencapai 2,47 juta ton.

Rata-rata penambahan volume sampah pada tahun 2018 mencapai 227 ribu ton per bulan atau sekitar 7.484 ton per hari, artinya setiap warga DKI Jakarta memproduksi 0,7 kg sampah setiap harinya. Volume sampah terbanyak terjadi di bulan Mei yakni 239 ribu ton atau lebih besar 5,2% dibanding rata-rata bulanan. Sedangkan kenaikan volume sampah terbesar dibanding tahun 2017 terjadi di bulan Februari dan April yakni meningkat sebanyak 19,5%.

Sumber : Dinas Lingkungan Hidup

 

Selain di tingkat provinsi, sampah juga dikumpulkan dan dikelola di tingkat kabupaten/kota administrasi melalui Sub Dinas Lingkungan Hidup masing-masing wilayah sebelum dibuang ke TPST Bantar Gebang. Berdasarkan asal truk sampah, volume sampah dari Jakarta Timur merupakan yang terbanyak yakni sekitar 587 ribu ton atau 21,5% dari total sampah DKI Jakarta, hal ini wajar dikarenakan jumlah penduduk Jakarta Timur juga terbanyak, hampir 3 juta jiwa. Sedangkan volume sampah paling sedikit tentu saja dari Kepulauan Seribu.

Sumber : Dinas Lingkungan Hidup

 

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, yang dilansir dalam Merdeka.com (16/01/19), kapasitas TPST Bantar Gebang diperkirakan (memuat) sebesar 49 juta ton yang mana saat ini sudah berisi 39 juta ton, sehingga hanya bersisa 10 juta ton lagi yang diprediksi di 2021 akan penuh. 

Guna mengatasi masalah sampah ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) khususnya untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Salah satunya yaitu pembangunan fasilitas pengolahan sampah di dalam kota atau Intermediate Treatment Facility (ITF) untuk mengurangi sampah di sumber dan optimalisasi TPST Bantar Gebang.

Untuk pengembangan Kegiatan Strategis Daerah (KSD), Optimalisasi TPST Bantar Gebang ini, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mempunyai target dan harapan ingin menjadikan TPST Bantar Gebang sebagai TPST ramah lingkungan dan TPST ramah sosial.

 

referensi : https://www.merdeka.com/jakarta/warga-jakarta-sumbang-7400-ton-sampah-setiap-hari.html
Penulis : Adhitya Akbar
Editor   : Hepy Dinawati