Breaking News

Komunikasi & Informatika

Berita Terpublikasi pada Website Resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Pada tahun 2020, tercatat sebanyak 9.007 berita yang telah dipublikasi pada website resmi yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Tahun 2020 menjadi tahun digital dimana hampir seluruh sektor informasi dan pelayanan publik mengalami peralihan menjadi bentuk digital yang disebabkan oleh pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terjadi. Peralihan kedalam bentuk digital dimaksudkan untuk kemudahan akses informasi oleh masyarakat sehingga informasi tersebut dapat tersampaikan hingga ke tingkat masyarakat bawah sekalipun.

Jumlah data yang diunggah mengalami fluktuasi terhitung sejak tahun 2018. Pada tahun 2018, jumlah tajuk berita yang diunggah sebanyak 8.774 berita dan mengalami penurunan sebesar 7% atau sebanyak 624 berita terpublikasi sebelum naik yang cukup signifikan sebesar 11% atau sebanyak 857 berita terpublikasi. Tercatat melalui website resmi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berita yang terunggah di laman website resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta didominasi oleh tajuk mengenai Jakarta Hari ini sebanyak 2.630 berita diikuti dengan Lintas Kota sebanyak 1.461 berita, dan Kesra pada posisi tiga tajuk teratas sebanyak 940 berita. Kategori mengenai Jakarta Hari Ini menjadi kategori yang paling banyak diunggah dengan pokok bahasan mengenai berita aktual yang terjadi di Jakarta dan rencana pemerintah kedepan. Judul-judul yang sering muncul dalam kategori Jakarta Hari Ini diantaranya adalah Sejumlah Wilayah di Jakarta Diprediksi Banjir, Kerusakan Tanggul Saluran PHB Pluis Grogol Utara Diperbaiki, Kabel Listrik PJU di Jakpus akan Diperbarui, dan lain-lain.

Sumber: Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta

Unggahan terbanyak pada tahun 2020 terjadi di bulan Oktober yaitu sejumlah 871 berita. Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya yaitu di tahun 2019 sejumlah 916 tapi secara margin rata-rata tiap bulannya meningkat dari sekitar 679 berita per bulan di tahun 2019 menjadi sekitar 751 berita per bulan selama tahun 2020. Hal ini membuat ragam berita yang diunggah di laman website resmi pemerintah DKI Jakarta menjadi sangat bervariatif. Kedepannya halaman ini diharapannya dapat merangkul lebih banyak lagi golongan di masyarakat. Dengan meningkatnya margin unggahan berita di laman website Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, diharapkan dapat menjadi salah satu penghubung antara pemerintah dan warga DKI Jakarta.

Sumber: Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta

Dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat, upaya peningkatan kualitas website terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menerima informasi yang aktual, mengunduh informasi dengan lebih mudah, dan dapat menjangkau seluruh masyarakat.