Breaking News

Ekonomi

Ekspor Jakarta Kembali Meningkat di Awal Tahun 2022

Ekspor Jakarta kembali tembus 1 miliar USD untuk ketiga kalinya selama tiga tahun terakhir

Perkembangan impor di DKI Jakarta pada Januari 2022 diikuti dengan angka ekspor yang juga meningkat. Jakarta mencatat angka ekspor tertinggi kedua sejak pandemi berlangsung. Bahkan, angka ekspor Jakarta pada Januari 2022 mencapai lebih dari US$ 1 miliar. Ini merupakan kali ketiga selama tiga tahun terakhir.


Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Secara year on year, angka ekspor Jakarta meningkat hingga 20,6 persen. Sedangkan secara month to month, terjadi penguatan sebesar 3,3 persen. Menguatnya nilai ekspor komoditas utama, seperti logam mulia, mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya, dan pakaian dan aksesorisnya (bukan rajutan) turut memicu peningkatan nilai ekspor secara keseluruhan di DKI Jakarta.


Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Ekspor kendaraan dan bagiannya masih menjadi komoditas penyumbang ekspor terbesar di Jakarta pada Januari 2022. Nilai ekspor komoditas tersebut mencapai 297,7 juta USD dan mengalami peningkatan hingga sebesar 8,3 juta USD dibandingkan Desember 2021. Selain itu, kontribusi ekspor kendaraan dan bagiannya mencapai 29,2% dari total keseluruhan ekspor Jakarta.

Sementara tiga komoditas yang juga berkontribusi besar terhadap ekspor Jakarta adalah logam mulia dan perhiasan/permata, ikan, krustasea, dan moluska, dan mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya. Jika dibandingkan dengan Desember 2021 (month to month), komoditas ikan, krustasea, dan moluska mengalami penurunan. Sedangkan dua komoditas lainnya mengalami peningkatan.


Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Jika melihat dari segi sektor, kontribusi industri pengolahan (manufacturing industry) sangat dominan terhadap total ekspor Jakarta, atau sekitar 95,2%. Nilai ini sangat jauh melampaui sektor pertanian, migas, juga pertambangan dan lainnya. Adapun di posisi kedua, sektor pertanian berkontribusi sebesar 4,6% dari keseluruhan ekspor Jakarta.

 


Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Ekspor Jakarta ke negara-negara Asia mencapai 74,8% pada Januari 2022, atau secara nominal mencapai 762,9 juta USD. Berdasarkan grafik di atas, empat dari lima besar negara tujuan ekspor merupakan negara-negara di Benua Asia. Sementara negara yang tidak berasal dari Benua Asia dengan kontribusi terbesar adalah Amerika Serikat. Total persentase lima besar negara tujuan ekspor mencapai 50,1% dari total ekspor Jakarta.

Secara garis besar, peningkatan nilai ekspor Jakarta pada Januari 2022 terjadi pada mayoritas sektor dan komoditas baik dibandingkan bulan sebelumnya maupun bulan yang sama di tahun sebelumnya. Hal ini memunculkan optimisme pergerakan ekonomi ke arah yang lebih baik di tengah pandemi Covid-19.

 

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Muhamad Iko Dwipa Gautama
Editor: Hepy Dinawati dan Farah Khoirunnisa